• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Ekosistem Untuk Pembelajaran Biologi SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Rindayu Putri Kinanti-140210103102_.pdf (5.295Mb)
    Date
    2018-09
    Author
    KINANTI, Rindayu Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas dari media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada pokok bahasan Ekosistem untuk pembelajaran Biologi SMA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (four-D) dengan empat tahapan. Uji validitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality diperoleh dari hasil validasi dari validator materi, media, pengembangan, dan pengguna yaitu guru biologi SMA Negeri 1 Pakusari dan SMA Negeri 1 Kalisat. Sedangkan uji kepraktisan diperoleh dari pengambilan angket respon siswa dan respon guru. Efektifitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality diperoleh dari uji coba penelitian tindakan terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa berupa nilai pre-test dan post-test yang selanjutnya akan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan rumus N-gain (Normalized Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran berbasis Augmented reality oleh ahli materi sebesar 82,54% (valid), ahli media sebesar 85% (valid), ahli pengembangan sebesar 80,83% (valid), dan pengguna secara berturut-turut sebesar 95,63% (sangat valid) dan 91,46% (sangat valid). Kepraktisan media pembelajaran berbasis Augmented Reality menggunakan angket respon siswa dan guru. Pada angket respon siswa diperoleh sebesar 92,18% (sangat praktis) dan angket respon guru diperoleh sebesar 90,84% (sangat praktis). Efektifitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality menunjukkan rata-rata nilai Normalized Gain (N-gain) dari dua sekolah secara berturut-turut yaitu 0,76 dan 0,75 sehingga diperoleh rata-rata yaitu 0,75 dengan kategori tinggi. Penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/95220
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository