MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN KREATIF KELAS V SDN SUMBERBULUS 03 KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji dan
memndeskripsikan proses penerapan pembelajaran dengan menggunakan permainan
kreatif yang dapat meningkatkan kemampuan dalam berbicara siswa kelas V SDN
Sumberbulus 03 Ledokombo-Jember dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa
setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan permainan kreatif dapat
meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumberbulus 03
Ledokombo-Jember.
Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Sumberbulus 03 mulai 09
Agustus sampai 13 Agustus 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode
wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus.
Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 37,04% dan pada silkus II
ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 85,18%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan
pembelajaran dengan menggunakan permainan kreatif di kelas V SDN Sumberbulus
03 Ledokombo-Jember berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan
dan tujuan yang ingin dicapai. (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat, hal ini
dapat dilihat dari perolehan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar
37,04% pada siklus I dan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar
85,18% pada siklus II. Hal ini menunjukan pembelajaran dengan menggunakan
permainan kreatif terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II
sebesar 48,14%.