• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN KREATIF KELAS V SDN SUMBERBULUS 03 KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (107.0Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    NI LUH PUTU SARI ASTI DHARMANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji dan memndeskripsikan proses penerapan pembelajaran dengan menggunakan permainan kreatif yang dapat meningkatkan kemampuan dalam berbicara siswa kelas V SDN Sumberbulus 03 Ledokombo-Jember dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan permainan kreatif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumberbulus 03 Ledokombo-Jember. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Sumberbulus 03 mulai 09 Agustus sampai 13 Agustus 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 37,04% dan pada silkus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 85,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan permainan kreatif di kelas V SDN Sumberbulus 03 Ledokombo-Jember berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan dan tujuan yang ingin dicapai. (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari perolehan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 37,04% pada siklus I dan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 85,18% pada siklus II. Hal ini menunjukan pembelajaran dengan menggunakan permainan kreatif terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 48,14%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9520
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository