• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERPAKEM 2 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (1.623Mb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    MULYA FAIDATUL HASANAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan sumber belajar lingkungan pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, 2) meningkatkan aktivitas siswa pada kegiatan menulis karangan deskripsi ketika menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, 3) meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi setelah menggunakan sumber belajar lingkungan pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa, diketahui bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 70% dengan kategori sangat aktif dan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 90% dengan kategori sangat aktif dan aktif. Selain itu, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi juga mengalami peningkatan yaitu karangan siswa sebagian besar sudah memiliki judul yang tepat dan karangan yang dihasilkan telah mencerminkan karangan deskripsi yang memberikan informasi secara jelas kepada pembaca. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dengan rata-rata nilai 64, sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 85% dengan rata-rata nilai 71,3.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9516
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository