EFISIENSI BANDWIDTH JARINGAN BACKBONE MENGGUNAKAN SISTEM LINK CAPACITY ADJUSTMENT SCHEME
Abstract
Kemajuan media telekomunikasi secara tidak langsung juga mengharuskan
kemajuan di segala aspek penunjangnya. Contoh perangkat yang harus
dikembangkan adalah kapasitas dan kehandalan jaringan backbone. Salah satu
teknologi yang saat ini sangat populer digunakan sebagai logika jaringan transmisi
adalah Ethernet over SDH (EoS). Skema EoS menawarkan beberapa fitur
teknologi, seperti Generic Framing Procedur (GFP), Virtual Concatenation (VC)
dan Link Capacity Adjustment Scheme (LCAS). Khusus untuk LCAS, sistem ini
dapat menambah atau mengurangi bandwidth jaringan tanpa memutus traffic data
pada link yang lain.
Pada penelitian ini dibuat simulasi jaringan EoS dengan perangkat yang ada
di PT. NEC Indonesia. Parameter – paremeter uji yang digunakan adalah traffic
dan capacity design jaringan untuk menentukan perbandingan efisiensi kapasitas
traffic antara jaringan tanpa sistem LCAS dengan jaringan yang menggunakan
sistem LCAS. Sehingga dari perbandingan tersebut bisa dilihat jaringan mana
yang penggunaan bandwidth-nya lebih efisiensi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penentuan level VC harus
memperhatikan fluktuasi traffic yang terjadi. Sistem LCAS mampu meningkatkan
efisiensi bandwidth jaringan backbone sebesar 18,013 %. Namun nilai tersebut
sangat tergantung pada fluktuasi traffic yang terjadi. Perbedaan nilai efisiensi
bandwidth jaringan dengan dan tanpa LCAS paling signifikan terjadi pada saat
traffic paling rendah, yaitu saat nilai traffic hanya sebesar 117,281 Mbps selisih
nilai efisiensi bandwidth-nya mencapai 61,4 %.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]