• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFISIENSI BANDWIDTH JARINGAN BACKBONE MENGGUNAKAN SISTEM LINK CAPACITY ADJUSTMENT SCHEME

    Thumbnail
    View/Open
    Allif Danis Amanda - 091910201009_1.pdf (271.1Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Allif Danis Amanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemajuan media telekomunikasi secara tidak langsung juga mengharuskan kemajuan di segala aspek penunjangnya. Contoh perangkat yang harus dikembangkan adalah kapasitas dan kehandalan jaringan backbone. Salah satu teknologi yang saat ini sangat populer digunakan sebagai logika jaringan transmisi adalah Ethernet over SDH (EoS). Skema EoS menawarkan beberapa fitur teknologi, seperti Generic Framing Procedur (GFP), Virtual Concatenation (VC) dan Link Capacity Adjustment Scheme (LCAS). Khusus untuk LCAS, sistem ini dapat menambah atau mengurangi bandwidth jaringan tanpa memutus traffic data pada link yang lain. Pada penelitian ini dibuat simulasi jaringan EoS dengan perangkat yang ada di PT. NEC Indonesia. Parameter – paremeter uji yang digunakan adalah traffic dan capacity design jaringan untuk menentukan perbandingan efisiensi kapasitas traffic antara jaringan tanpa sistem LCAS dengan jaringan yang menggunakan sistem LCAS. Sehingga dari perbandingan tersebut bisa dilihat jaringan mana yang penggunaan bandwidth-nya lebih efisiensi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penentuan level VC harus memperhatikan fluktuasi traffic yang terjadi. Sistem LCAS mampu meningkatkan efisiensi bandwidth jaringan backbone sebesar 18,013 %. Namun nilai tersebut sangat tergantung pada fluktuasi traffic yang terjadi. Perbedaan nilai efisiensi bandwidth jaringan dengan dan tanpa LCAS paling signifikan terjadi pada saat traffic paling rendah, yaitu saat nilai traffic hanya sebesar 117,281 Mbps selisih nilai efisiensi bandwidth-nya mencapai 61,4 %.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9511
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4285]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository