• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS VI SDN CURAHNONGKO 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (171.7Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Mashudi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui metode diskusi kelompok menggunakan program Microsoft powerpoint pada siswa kelas VI SDN Curahnongko 02 Jember; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA metode diskusi kelompok dengan menggunakan program Microsoft powerpoint pada siswa kelas VI SDN Curahnongko 02 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus yang dilakukan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas siswa mencapai 65,44% dan berada pada kategori aktif. Pada Siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 68,87% dan berada pada kategori aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I sebesar 76,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,3%. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9510
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository