PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI SDN PURWOASRI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari
13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
statistic deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisa
secara kuantitatif, untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam kelas sebagai
tindakan. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistic
deskriptif mengetahui rata-rata kemampuan setelah dilakukan pembelajaran. Hasil
analisis digunakan dengan menghitung persentase jumlah siswa yang memperoleh
nilai ≥ 70 (ketuntasan secara klasikal).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran (Role
Playing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN
Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012.
Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh
pada siklus I adalah 60,6% dan pada siklus II mendapat skor 84,4%. Hal ini berarti
aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif.
Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan
70,8% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 87,5% pada siklus II, sehingga
penelitian ini dikatakan berhasil. Kesimpulan penelitian adalah adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sehingga penelitian
dikatakan berhasil. Penelitian ini merupakan tambahan pengalaman yang sangat
berharga yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan dan
sebagai masukan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran IPS.