• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI SDN PURWOASRI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (557.2Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    LUSIANA INDAH SAPUTRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisa secara kuantitatif, untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam kelas sebagai tindakan. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistic deskriptif mengetahui rata-rata kemampuan setelah dilakukan pembelajaran. Hasil analisis digunakan dengan menghitung persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 (ketuntasan secara klasikal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 60,6% dan pada siklus II mendapat skor 84,4%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan 70,8% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 87,5% pada siklus II, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kesimpulan penelitian adalah adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sehingga penelitian dikatakan berhasil. Penelitian ini merupakan tambahan pengalaman yang sangat berharga yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan dan sebagai masukan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran IPS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9499
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository