• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH IKLAN DI TELEVISI DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA LOYALITAS PELANGGAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    RATIH SWESTY UTAMI - 130810201036.pdf (3.123Mb)
    Author
    UTAMI, RATIH SWESTY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Industri kosmetik di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini dapat diketahui adanya persaingan ketat antar industri kosmetik lokal maupun impor dengan munculnya merek-merek kosmetik. Salah satu perusahaan kosmetik lokal yang memiliki tingkat penjualan yang cukup tinggi di Indonesia adalah Wardah Cosmetics. Wardah merupakan produk kosmetik lokal dari PT. Paragon Innovation and Technology Indonesia yang mempunyai sertifikat halal pertama sebagai produk kosmetik pada tahun 1999. Wardah awal berdiri pada tahun 1995 hingga saat ini. Namun pada 3 tahun terakhir Wardah semakin dikenal dan memiliki banyak konsumen. Karena perusahaan Wardah Cosmeticsmenggunakan iklan di televisi untuk memperkenalkan produknya serta ekuitas merek yang dimilikinya. Sehingga perusahaan Wardah mengharapkan konsumen melakukan keputusan pembelian terhadap produk kosmetik Wardah, dan dari keputusan pembelian itulah Wardah ingin menciptakan loyalitas pelanggan produk kosmetik Wardah dengan membuat rasa puas dihati. Berdasarkan hal tersebut variabel eksogen yang digunakan dalam peneliytian ini ada dua, yaitu iklan di televisi dan ekuitas merek. Keputusan pembelian dalam penelitian ini sebagai variabel intervening dan loyalitas pelanggan sebagai variabel endogen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mneguji dan menganalisis apakah iklan di televisi dan ekuitas merek mempengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan produk kosmetik Wardah di Kota Jember. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antar variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah konsumen produk kosmetik Wardah di Kota Jember sejumlah 112 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM (Structural Equation Model) dengan pendekatan konfirmatori dan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan program AMOS. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa variabel iklan di televisi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Iklan di televisi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dan keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel yang dominan dalam menentukan loyalitas pelanggan adalah ekuitas merek. Kesimpulan dari beberapa pernyataan tersebut bahwa ekuitas merek dapat dijadikan suatu strategi yang efektif namun tanpa harus mengeyampingkan media lainnya yang mendukung seperti iklan ditelevisi, sehingga perusahaan Wardah Cosmeticsdapat terus dikenal dan meningkatkan frekuensi penjualan produk kosmetik Wardah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94984
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository