• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SDN KESAMBIRAMPAK 01 SITUBONDO TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (202.8Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Luluk Annura
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek penelitian sebanyak 12 siswa di SDN Kesambirampak 01 Situbondo. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi aktivitas guru, aktivitas belajar siswa dan tes akhir siklus. Hasil pelaksanaan siklus I pertemuan 1 aktivitas guru sebesar 71%, pertemuan 2 sebesar 83%, pertemuai 1 siklus II sebesar 92% dan pertemuan 2 sebesar 78%. Untuk hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I siswa yang sangat aktif dan siswa aktif masing-masing hanya sebesar 25% dari total siswa, siswa dengan kriteria aktivitas sedang sebesar 45,8%, sedangkan sisanya sebesar 4,2% siswa kurang aktif. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat, jumlah siswa dengan kriteria sangat aktif menjadi 70%, dan siswa dengan kriteria aktif meningkat menjadi 30%, sedangkan siswa dengan kriteria sedang dan kurang aktif menurun hingga menjadi 0%. Pada analisis hasil tes akhir, siklus 1 ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 58,3% dan kemudian meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus, dimana terdapat peningkatan pada aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kesambirampak 01 Situbondo. Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya yang berkaitan dengan pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9496
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository