PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PRAJA BHAKTI DAYATEKNIKA JEMBER
Author
ABDILLAH M.A, CHOIRUL
Metadata
Show full item recordAbstract
Larissa Aesthetic Center adalah klinik kecantikan yang memberikan
pelayanan dibidang perawatan kulit dan rambut. Konsep yang dikembangkan
klinik kecantikan Larissa Aesthetic Center Cabang Jember adalah ‘back to nature’
yaitu perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman seperti
buah, sayuran, umbi, batang dan akar. Relationship marketing adalah kunci untuk
membuat pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan dan
membuat pelanggan tetap setia untuk terus memilih perawatan di klinik
kecantikan Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah relationship marketing dapat mempengaruhi
kepuasan dan berdampak pada loyalitas pelanggan Larissa Aesthetic Center
Cabang Jember.
Obyek pada penelitian ini adalah pelanggan Larissa Aesthetic Center
Cabang Jember. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100
responden dengan teknik purposive sampling yaitu peneliti menentukan beberapa
kriteria tertentu untuk memilih pelanggan yang akan dijadikan responden. Kriteria
tersebut menjadikan tidak semua pelanggan Larissa Aesthetic Center Cabang
Jember dapat dijadikan responden pada penelitian ini. Metode analisis data
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan
konfirmatori dan menggunakan program AMOS, untuk mengetahui pengaruh
variabel eksogen yaitu relationship marketing terhadap variabel intervening yaitu
kepuasan dan variabel endogen yaitu loyalitas pelanggan klinik kecantikan
Larissa Aesthetic Center Cabang Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel eksogen yaitu relationship
marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Larissa Aesthetic
Center Cabang Jember, relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan Larissa Aesthetic Center Cabang Jember, dan kepuasan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Larissa Aesthetic Center
Cabang Jember. Relationship marketing yang di upayakan klinik kecantikan
Larissa Aesthetic Center Cabang Jember dalam memberikan pelayanan dibidang
perawatan kulit dan rambut memberikan kepuasan pada sebagian besar pelanggan
dan berdampak pada loyalitas yang akan diberikan pelanggan kepada klinik
kecantikan Larissa Aesthetic Center Cabang Jember.