PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SANGGAR SENAM NIAS JEMBER
Author
Almira, Azalia Talitha
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelanggan merupakan seseorang yang secara berulang-ulang datang ke tempat
yang sama ketika menginginkan untuk membeli barang atau jasa karena merasa puas
dengan barang maupun jasa tersebut. Pelanggan merupakan faktor penting untuk
mencapai target yang diharapkan. Berbagai pusat kebugaran berlomba-lomba
memperlakukan pelanggan sebagai raja dan memberikan kualitas terbaik untuk
pelanggan agar pelanggan merasa terpuaskan terhadap kinerja yang telah diberikan
oleh produsen. Pusat kebugaran akan merasa berhasil memperoleh pelanggan dalam
jumlah yang banyak apabila dinilai dapat memberikan kepercayaan bagi pelanggan.
Sekarang ini ada berbagai strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan salah
satunya adalahexperiential marketing. Pengertian experiential marketing sendiri
yaitu pendekatan pemasaran kepada pelanggan yang mengedepankan sense, feel,
think, act dan relate.
Banyaknya pesaing yang dihadapi oleh Sanggar Senam Nias Jember bukan
hanya dari perusahaan yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang sama tetapi juga
dari perusahaan yang mempunyai fasilitas pusat kebugaaran lainnya sehingga
menjadikan Sanggar Senam Nias Jember dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas
jasa, kreativitas, dan membuat inovasi-inovasi baru yang dapat menarik pelanggan.
Permasalahan lain yang dihadapi adalah mengingat perilaku konsumen yang berubahubah
meskipun telah ada peningkatan jenis pelayanan kebugaran tubuh yang mampu
memfasilitasi kebutuhan dan keinginan pelanggan, namun tidak diikuti dengan
meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan jasa tersebut. Dengan
mengetahui kualitas jasa Sanggar Senam Nias Jember, diharapkan pihak pengelola
dapat membuat strategi-strategi untuk menarik pelanggan agar menggunakan jasa
yang ditawarkan serta menciptakan loyalitas pelanggan terhadap jasa yang
digunakan.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan atau member Sanggar
Senam Nias Jember yang berjumlah 86 orang dan sudah aktif mengikuti senam di
sanggar selama 3 bulan terakhir. Populasi terdiri atas 4 macam kelas yaitu senam
yoga, zumba, aerobic, dan body language. Penentuan sampel dilakukan dengan
metode metode probability sampling dimana setiap anggota populasi memiliki
peluang sama dipilih menjadi sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Experiential Marketing yang terdiri atas
Sense, Feel, Think, Act dan Relate secara bersama-sama berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas konsumen. Oleh karena itu adanya usaha dari sanggar senam nias
untuk selalu update terhadap perkembangan bisnis terkait dan
mengupayakankedekatan emosional dengan pelanggan untu menciptakan loyalitas.