• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTAR SATUAN UKURAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS IV SDN GRUJUGAN LOR 01 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (193.5Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Lina Cahya Ningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek penelitian bertempat di kelas IV dengan jumlah siswa yaitu 43 siswa, dengan 28 siswa laki-laki, dan 15 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus Dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik TGT pada siklus I menunjukkan 31,2% persen siswa tergolong sangat aktif, 65,1% siswa tergolong aktif, 4,7% siswa tergolong cukup aktif, dan 0% siswa tergolong kurang aktif, dan tidakaktif. Aktivitas siswa secara kelompok setelah di rata-rata mencapai 76,4% dan tergolong aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 21 siswa (48,84%), dan yang tidak tuntas berjumlah 22 siswa (51,16%). Siswa kesulitan dalam mengkonversi hubungan antarsatuan ukuran dalam penjumlahan, dan pengurangan. Pembelajaran dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan 18 siswa (41,9%) sangat aktif, siswa tergolong aktif berjumlah 25 siswa (58,1%), dan siswa tergolong cukup aktif, kurang aktif, dan tidak aktif berjumlah 0 siswa (0%). Rata-rata aktivitas kelompok siswa yaitu 80,55%. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas 34 siswa (79,1%). Siswa yang tidak tuntas berjumlah 9 siswa (20,9%). Dari data di atas, maka dapat diketahui peningkatan aktivitas siswa tergolong sangat aktif dari 30,2% meningkat menjadi 41,9%. Aktivitas kelompok dari 76,4% menjadi 80,55%. Ketuntasan belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran meningkat dari 48,84% menjadi 79,1%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9493
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository