MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTAR SATUAN UKURAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS IV SDN GRUJUGAN LOR 01 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Subjek penelitian bertempat di kelas IV dengan jumlah siswa yaitu 43 siswa,
dengan 28 siswa laki-laki, dan 15 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan dengan
cara observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
Dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif
teknik TGT pada siklus I menunjukkan 31,2% persen siswa tergolong sangat aktif,
65,1% siswa tergolong aktif, 4,7% siswa tergolong cukup aktif, dan 0% siswa
tergolong kurang aktif, dan tidakaktif. Aktivitas siswa secara kelompok setelah di
rata-rata mencapai 76,4% dan tergolong aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang
tergolong tuntas berjumlah 21 siswa (48,84%), dan yang tidak tuntas berjumlah 22
siswa (51,16%). Siswa kesulitan dalam mengkonversi hubungan antarsatuan ukuran
dalam penjumlahan, dan pengurangan. Pembelajaran dilanjutkan ke siklus II. Pada
siklus II menunjukkan 18 siswa (41,9%) sangat aktif, siswa tergolong aktif
berjumlah 25 siswa (58,1%), dan siswa tergolong cukup aktif, kurang aktif, dan tidak
aktif berjumlah 0 siswa (0%). Rata-rata aktivitas kelompok siswa yaitu 80,55%. Dari
ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas 34 siswa (79,1%). Siswa yang tidak
tuntas berjumlah 9 siswa (20,9%).
Dari data di atas, maka dapat diketahui peningkatan aktivitas siswa tergolong
sangat aktif dari 30,2% meningkat menjadi 41,9%. Aktivitas kelompok dari 76,4%
menjadi 80,55%. Ketuntasan belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan
pembelajaran meningkat dari 48,84% menjadi 79,1%.