PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL QUANTUM WRITER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD JAMBEKUMBU 03 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Writer
berbantuan gambar berseri dalam pembelajaran menulis karangan narasi kelas IV SD
Jambekumbu 03 Lumajang dapat mengatasi permaslahan awal siswa yang berkaitan
dengan penggunaan kata dan kesinambungan antar kalimat. Hal ini dapat teratasi
melalui penerapan gugus dilanjutkan peta pikiran, karang dan perbaikan tulisan.
Selain itu, penggunaan gambar berseri dapat membantu siswa untuk membuat
karangan yang runtut. Hasil belajar siswa dalam menulis narasi juga mengalami
peningkatan. Pada prasiklus siswa yang mengalami ketuntasan dalam pembelajaran
menulis narasi sebanyak 12 siswa dari 31 siswa atau sebesar 39%. Pada siklus I siswa
yang tuntas mengalami peningkatan yaitu sebanyak 22 siswa dari 31 siswa atau
sebesar 70,96% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa atau
mencapai 90,3% sehingga pelaksanaan siklus II dianggap berhasil.