PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SDN DAWUHAN WETAN 04 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan dengan penggunaan metode role playing
aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum tindakan mengalami
peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum tindakan, aktivitas belajar siswa
sebesar 52% meningkat pada siklus I sebesar 68% tetapi hasil tersebut masih belum
memenuhi target kriteria sebesar ≥ 75% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus
II aktivitas belajar meningkat menjadi 86%. Hasil belajar sebelum tindakan sebesar
63%, pada siklus I meningkat sebesar 66% namun hasil tersebut juga belum mencapai
target ketuntasan yang diinginkan sebesar ≥ 75% sehingga dilanjutkan pada siklus
berikutnya. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 77%. Hasil yang diperoleh
pada siklus II, baik itu aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan
sudah mencapai target yang diinginkan sehingga penelitian ini berhenti pada siklus II.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) metode role playing
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi pokok kegiatan ekonomi
pada siswa kelas IV SDN Dawuhan Wetan 04 Lumajang, dengan aktivitas hasil
belajar siswa termasuk kriteria aktif dan hasil belajar siswa termasuk kriteria tuntas;
2) metode role playing dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengajar IPS materi
pokok kegiatan ekonomi kelas IV SDN Dawuhan Wetan 04 Lumajang. Pada siklus I
guru melaksanakan 7 aspek langkah-langkah role playing, sedangkan pada siklus II
mengalami peningkatan menjadi 8 aspek, sehingga diperoleh kriteria efektifitas
penerapan metode dalam kategori efektif.