dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor
ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, kepercayaan pada penyedia
jasa e-Filing, keyakinan-sendiri web, kontrol keamanan persepsian, kesadaran
Wajib Pajak dan kualitas pelayanan terhadap niat wajib pajak orang pribadi untuk
menyampaikan Surat Pemberitahuan/SPT secara elektronik (e-Filing) yang
menggunakan metode eksplanatory dengan unit analisis yaitu wajib pajak orang
pribadi. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin sebanyak 100
responden dari populasi 48.429 wajib pajak. Dihitung menggunakan analisis
regresi linear berganda untuk mengetahui adanya pengaruh dari ekspektasi
kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, kepercayaan pada penyedia jasa e-
Filing, keyakinan-sendiri web, kontrol keamanan persepsian, kesadaran Wajib
Pajak dan kualitas pelayanan terhadap niat menggunakan e-Filing
Hasil koefisien (Adjusted R Square) sebesar 0,240 artinya bahwa 24%
variabel niat menggunakan e-Filing akan dijelaskan oleh variabel bebas, yaitu
ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, kepercayaan pada penyedia
jasa e-Filing, keyakinan-sendiri web, kontrol keamanan persepsian, kesadaran
Wajib Pajak dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 76% variabel niat
menggunakan e-Filing dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam
penelitian ini. Hasil analisis regresi linear berganda secara simultan menunjukkan
variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, kepercayaan pada
penyedia jasa e-Filing, keyakinan-sendiri web, kontrol keamanan persepsian,
kesadaran Wajib Pajak dan kualitas pelayanan terhadap niat Wajib Pajak Orang
Pribadi untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan/SPT menggunakan e-Filing | en_US |