• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN GARAHAN 02 KECAMATAN SILO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (69.14Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    KRIESTIAN PRISMANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Garahan 02 Kelas V yang berjumlah 43 siswa. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dengan menggunakan empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan menggunakan analisis data. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa cara yaitu melalui wawancara, observasi, tes dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Garahan 02 pada mata pelajaran IPA. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif dari 13 siswa (30,23%) dan siswa yang sangat aktif hanya 1 siswa (2,32%) pada siklus I menjadi 14 siswa (32,55%) dan 7 siswa terlihat sangat aktif (16,27%) pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 43 siswa terdapat 25 siswa yang tuntas dengan persentase 58,13% dan pada siklus II dari 25 siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa dengan persentase 67,44%. Saran untuk peneliti, (1) bila penerapan metode ekperimen diterapkan dalam pembelajaran IPA, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, (2) bagi guru, metode pembelajaran eksperimen dapat diterapkan pada pembelajaran IPA agar siswa lebih mudah dalam memahami konsepkonsep IPA, (3) untuk peneliti lain disarankan agar mengadopsi metode eksperimen ini pada pokok bahasan IPA yang berbeda ataupun pada jenjang pendidikan yang lain sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9485
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository