PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SERTA LOYALITAS PELANGGAN KOBER MIE SETAN JEMBER
Abstract
Bisnis kuliner di Indonesia semakin berkembang dan beraneka ragam perkembangan zaman. Hal ini yang mendorong adanya persaingan ketat antar pelaku bisnis kuliner. Kober Mie Setan merupakan produk mie dengan berbagai tingkat level kepedasan dimana saat ini banyak diminati oleh oleh masyarakat di kota Jember. Tidak hanya dari produknya saja yang perlu diperhatikan oleh pihak Kober Mie Setan, namun kualitas pelayanan juga merupakan hal penting untuk diperhatikan, karena pelanggan saat ini semakin mampu menilai layak tidak nya tempat makan tersebut dari makanan yang disajikan dan pelayanan yang diberikan. Apabila pelayanan yang diberikan dan makanan yang disajikan sesuai dengan harapan pelanggan maka pelanggan akan merasa puas dan sebaliknya apabila pelayanan yang diberikan dan makanan yang disajikan tidak sesuai dengan harapan dari konsumen maka konsumen akan merasa tidak puas. Kepuasan pelanggan merupakan alat ukur keberhasilan, alat bersaing dan juga mampu menciptakan loyalitas pelanggan.