PENGARUH BRAND EQUITY, IKLAN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN “AL-QODIRI” DI JEMBER
Author
RATNASARI, Ridha Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan industri AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) menjadi salah satu
industri yang berkembang pesat saat ini. Faktor yang membuat perusahaan AMDK semakin berkembang
adalah kebutuhan masyarakat yang cenderung menginginkan semua hal serba praktis. Pertumbuhan
konsumsi AMDK yang sangat tinggi akhirnya menimbulkan munculnya merek-merek baru berbasis lokal. Di
kota Jember terdapat beberapa merek lokal AMDK antara lain Al-Qodiri, Hazora dan AMPO.
Dari ke-3 merek lokal tersebut, Al-Qodiri merupakan produk yang paling banyak diminati oleh
konsumen. Perusahaan AMDK Al-Qodiri menawarkan keunikan pada produknya yaitu menggunakan konsep
berbasis religi. Keunikan tersebut belum menjadikan Al-Qodiri mampu bersaing dengan merek nasional,
karena setiap produk AMDK nasional maupun lokal yang saat ini hadir di pasaran menawarkan
keunggulannya masing-masing. Hal tersebut menjadikan konsumen lebih selektif dalam melakukan
keputusan pembelian.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand equity, iklan,
dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian AMDK Al- Qodiri pada konsumen. Penelitian ini
termasuk jenis penelitian explanatory research yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antar
variabel. Tekhnik yang digunakan adalah convenience sampling. Sampel yang digunakan adalah orang
atau unit yang mudah dijumpai atau di akses oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan
adalah Regresi Linier Berganda dengan pendekatan Confirmatory dan metode penelitian kuantitatif
yang menggunakan program AMOS.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa brand equity berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian, iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kepercayaan merek
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.