PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT.TELKOMSEL GraPARI DI KOTA BANYUWANGI
Author
DANAVER, Rico
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam penelitian ini akan membahas masala pemilihan startegi pemasran, dengan berdasrkan data yang
diperoleh dari perusahaan. Strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk mendukung program
pemasaran guna mencapai tujuan perusahaan yaitu mencari laba dan memberi kepuasan kepada konsumen,
tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menentukan alternative strategi pemasaran pada PT.
Telkomsel GraPARI Banyuwangi.
Untuk menentukan strategi pemasaran pada perusahaan digunakan metode analisis SWOT yaitu dengan
menentukan factor strategi perusahaan kemudian diolah kedalam tabel IFAS dan EFAS. Data yang
diperoleh adalah sebanyak 10 responden untuk internal sedangkan eksternal 50 responden. Hasil
pengelolaan data factor strategi perushaan dipakai sebagai acuan untuk menentukan strategi
pemasaran secara global dengan IE matriks dan alternative strategi pemasaran dengan matrik SWOT
yang kemudin akan dipilih strategi apa yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Rancangan penelitian
yang akan digunakan adalah penelitian diskriptif, data dari perusahaan yang diperoleh kemudian
dianalisis dengan menggunakan analisis factor internal (IFAS), dan analisis factor eksternal
(EFAS). Data yang diperoleh dari analisis factor internal dan eksternal tersebut digunakan untuk
menentukan posisi perusahaan pada kuadran berapa. Setelah ditentukan posisi perusahan pada kuadran
berapa, kemudian digunakan analisis SWOT, sehingga dapat ditentukan kebijakan dan strategi apa yang
harus dilakukan oleh PT. Telkomsel GraPARI Banyuwangi.
Berdasarkan hasil pengelolaan daa yaitu IE Matriks yang mengacu pada perhitungan tabel IFAS dan
EFAS menunjukan PT TelkomselGraPARI Banyuwangi berada pada kuadran I, yang berarti srategi
pemasaran secara global yang sebaiknya diterapan oleh PT Telkomsel GraPARI Banyuwangi adalah
strategi konsentrasi melalui integrasi vertical.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi paling tepat adalah
dengan meminimalkan biaya dan oprasi yang tidak efisien untuk mengontrol kualitas serta distribusi
produk. Fokus dari implementasi strategi ini adalah meningkatkan ivesiensi biaya operasional
perusahaan,membuka gerai-gerai GraPARI baru yang potensial.
Berdasarkn kesimpulan yang dilakukan maka, saran yang bermanfaat dan sebagai bahan pertimbangan
serta masukan bagi pihak manajemen PT Telkomsel GraPARI Banyuwangi adalah keputusan-keputusan
strategi yang berkaitan dengan strategi yang diambil oleh manajemen PT Telkomsel GraPARI Banyuwangi
hendaknya berkaitan dengan minimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien untuk meningkatkan
profit.