dc.description.abstract | Pengelolaan arsip pada Dinas Perikanan Kabupaten Jember sudah dikelola
dengan baik dan sudah pada tempat yang telah ditentukan dan sudah dipilah
menurut fungsinya antara arsip aktif, inaktif. Dan disamping itu pula arsip sudah
diorganisir, dipelihara pada tempat yang sudah disediakan agar arsip tertata
dengan rapi dan saat akan digunakan kembali akan mudah menemukannya.
a. Pelaksanaan pengarsipan di Dinas Perikanan Kabupaten Jember meliputi
kegiatan.
1) membantu menginput Asnel atau asuransi nelayan,
2) membantu memilah wilayah para nelayan berasal agar mudah saat arsip
dibutuhkan,
3) mengurutkan arsip nelayan berdasarkan nama diurutkan mulai dari a sampai
z.
b. Adapun prosedur kearsipan surat-menyurat seperti di bawah ini.
1) pengorganisasian Arsip pada Dinas Perikanan Jember meliputi: Penerimaan
surat, pengarah, pencatat, pengantar, dan penyimpanan,
2) penyimpanan Arsip pada Dinas Perikanan Kabupaten Jember meliputi:
pemeliharaan arsip dan pengawetan arsip,
3) pemberkasan Arsip pada Dinas Perikanan Kabupaten Jember menggunakan
sistem pemberkasan atas dasar angka dan sistem pemberkasan atas dasar
abjad,
4) penyusutan Arsip pada Dinas Perikanan Kabupaten Jember dilakukan
dengan cara ditempatkan pada lemari khusus penyimpanan arsip inaktif dan
apabila sudah penuh, maka arsip inaktif akan dibakar. | en_US |