Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Express Across Nations Kabupaten Jember
Abstract
Perkembangan dunia usaha di Indonesia dari tahun ke tahun semakin
menunjukkan peningkatan yang positif. Perkembangan ini tentu saja
meningkatkan kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek, termasuk didalamnya
adalah kebutuhan jasa pengiriman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan PT. JALUR
NUGRAHA EKAKURIR (JNE) Express Across Nations Kabupaten Jember
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (
explanatory
research
), yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan suatu variabel dengan
variabel lain dan menguji keterkaitan antara beberapa variabel melalui pengujian
hipotesis. Penelitian ini dilakukan di PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE)
Express Across Nations Kabupaten Jember . Populasi dalam penelitian ini adalah
pelanggan PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) Express Across Nations
Kabupaten Jember. Besar sampel dalam penelitian ini sebesar 130 responden.
Analisis data menggunakan analisis Regresi Linier berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara parsial dan simultan
Bukti fisik (X
1
), Kehandalan (X
2
), Daya tanggap (X
3
), Jaminan (X
)
berpengaruh secara signifikan (nyata) terhadap kepuasan. Hal ini berarti semakin
tinggi kepedulain perusahaan pada pelanggan maka akan meningkatkan kepuasan
pelanggan dengan persamaan regresi
Y= 4.69 + 0.224X
1
+ 0.318X
Sementara koefisien determinasi (R
2
+ 0.158X
2
3
+ 0.161X
4
+ 0.170X
) sebesar 0.613 dan setelah disesuaikan
didapatkan nilai R adjustnya sebesar 0.597 menunjukkan bahwa variabel bukti
fisik (x
1
), kehandalan (x
2
), daya tanggap (x
3
), jaminan (x
4
4
), Empati (X
5,
) dan empati (x
bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 59.7% terhadap kepuasan (Y),
sedangkan sisanya sebesar 40.3% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak
diamati dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Bukti
fisik (X
1
), Kehandalan (X
2
), Daya tanggap (X
3
), Jaminan (X
4
5
5
) secara
), Empati (X
)
berpengaruh baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan PT.
JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) Express Across Nations Kabupaten
Jember
5