dc.description.abstract | Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mengakibatkan dampak yang besar bagi masyarakat. Teknologi yang saat ini sedang mengalami perkembangan adalah teknologi komunikasi. Alat komunikasi mobile menggunakan jaringan seluler sebagai media lalu lintas data. Jaringan seluler mengalami kemajuan sejak diperkenalkan 3G, namun kehadiran jaringan seluler 4G LTE ternyata dapat menarik pengguna 3G untuk berpindah menggunakan 4G LTE. Konsumen yang memilih berpindah menggunakan 4G LTE dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perpindahan penggunaan jaringan seluler 3G ke 4G LTE. Studi pada konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Faktor-faktor yang diteliti antara lain harga, promosi penjualan, iklan, kecepatan akses data, jangkauan sinyal, hemat kuota data, fitur layanan, tersedianya kartu seluler 4G LTE, tersedianya smartphone 4G LTE, rasa tidak nyaman, variety seeking, gaya hidup, gengsi, pengaruh teman, dan komunitas sosial. Penelitian ini merupakan penelitian exploratory research, yaitu penelitian yang dilakukan dengan maksud untuk menggali data dari responden dan untuk mengkaji tingkat dimana variabel yang diteliti diharapkan dapat menjelaskan objek yang diteliti melalui data yang terkumpul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah konsumen yang sudah menggunakan 4G LTE berjumlah 75 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat 5 faktor yang memengaruhi perpindahan penggunaan jaringan seluler 3G ke 4G LTE pada konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember, yaitu Faktor Promosi terdiri dari variabel harga, promosi penjualan, dan iklan. Faktor Kualitas Layanan terdiri dari variabel kecepatan akses data dan jangkauan sinyal. Faktor Kehandalan 4G LTE terdiri dari variabel hemat kuota data, tersedianya smartphone 4G LTE, dan variety seeking. Faktor Sikap dan Keyakinan terdiri dari variabel rasa tidak nyaman dan komunitas sosial. Faktor Hedonis terdiri dari variabel gengsi. | en_US |