Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Untuk Pembelajaran Biologi di SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan E-modul
berbasis Adobe flash pada pokok bahasan sistem reproduksi untuk pembelajaran
Biologi di SMA, menguji validitas E-modul berbasis Adobe flash pada pokok bahasan
sistem reproduksi untuk pembelajaran Biologi di SMA, menguji kepraktisan E-modul
berbasis Adobe flash pada pokok bahasan sistem reproduksi untuk pembelajaran
Biologi di SMA dan untuk menguji efektifitas E-modul berbasis Adobe flash pada
pokok bahasan sistem reproduksi untuk pembelajaran Biologi di SMA. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D (define,
design, develop, disseminate). Tahap define dilakukan dengan menganalisis
kebutuhan siswa, analisis konsep, tahap design meliputi pemilihan bahan ajar,
pemilihan format dalam memilih perangkat pembelajaran, design awal E-modul
berbasis Adobe flash, Tahap develop meliputi validasi E-modul berbasis Adobe flash
oleh para ahli, Menguji kepraktisan E-modul berbasis Adobe flash dengan uji coba
terbatas, Menguji keefektifitasan, tahap disseminate yaitu tahap penyebaran dimana
tahap ini merupakan tahap akhir dalam penelitian pengembangan.
Validasi E-modul berbasis Adobe flash dilakukan oleh para ahli (validator),
yaitu ahli media, ahli pengembangan dan pengguna. Berdasarkan hasil penilaian
dilakukan oleh para ahli, diperoleh hasil validasi media sebesar 83,89 % dengan
kategori valid, validasi pengembangan diperoleh sebesar 79,58% dengan kategori
valid. Kategori valid dapat dilihat jika E-modul berbasis Adobe flash didalamnya
mencakup komponen pengembangan media. Hasil validasi materi sebesar 82,54%
dengan kategori valid. Validasi pengguna terdiri dari 2 pengguna yaitu guru dari dua
sekolah yang berbeda. Validasi oleh pengguna satu didapatkan hasil validasi sebesar
88,33% dengan kategori sangat valid. Validasi oleh guru kedua dengan hasil validasi
sebesar 88,96% dengan kategori sangat valid. Dari semua hasil validasi yang telah
diperoleh, kemudian dianalisis untuk mencari rata-rata total seluruh hasil validasi
yaitu sebesar 84,96% dengan kategori valid.
Uji coba terbatas bertujuan untuk mengetahui kepraktisan E-Modul berbasis
Adobe flash yang diukur dengan hasil pengisian angket respon siswa. Uji coba
terbatas dilakukan di dua sekolah yang berbeda yaitu di SMA Negeri 1 Pakusari dan
SMA Negeri 5 Jember. Uji coba terbatas dilakukan pada 9 siswa pada kedua sekolah
yang dipilih berdasarkan nilai Biologi pada semester ganjil. Dari hasil analisis kedua
sekolah tersebut didapatkan rata-rata hasil analisis kepraktisan sebesar 91,11%
dengan kategori sangat praktis.
Hasil uji efektifitas didapatkan dari nilai pre-test dan post-test, kemudian
dianalisis lebih lanjut dengan rumus N-gain (Normalized Gain). Rata-rata nilai Ngain
(Normalized Gain) dikelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Pakusari sebesar 0,71
dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai N-gain (Normalized Gain) Kelas XI
MIPA 3 SMA Negeri 5 Jember sebesar 0,73 dengan kategori tinggi.