• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V di Sdn Rambigundam 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Dinda Wijayanti-140210204140_.pdf (5.035Mb)
    Date
    2018-07
    Author
    WIJAYANTI, Dinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah peneltian eskperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN Rambigundam 02 Jember tahun ajaran 2017/2018. Adapun jumlah subjek penelitian kelas VA adalah 27 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 14 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak 13 siswa. Kelas VB jumlah subjek penelitian kelas VA adalah 27 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 18 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak 9 siswa. Metode populasi ini dilakukan dengan cara mengambil seluruh subjek, baik siswa kelas IV A maupun siswa kelas IV B. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambigundam 02 Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data dalam penelitian eksperimen digunakan untuk mengetahui perbedaan dari suatu perlakuan dengan perlakuan yang lain dan untuk xi mengetahui tingkat keefektifan antara kedua perlakuan tersebut. Analisis data mengenai pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar yaitu dengan menggunakan metode uji t-test untuk sampel terpisah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Tes yang dilakukan adalah berupa tes hasil belajar pre test dan post test. Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenoats dengan menggunakan nilai UAS semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian setelah dilakukan tes hasil belajar pre test dan post test berdasarkan selisih nilai pre-test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan t hitung sebesar 3,768 dan t tabel sebesar 1,664 maka t hitung > t tabel sehingga ditolak dan diterima, yaitu ada pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar tema 8 lingkungan sahabat kita pada siswa kelas V SDN Rambigundam 02 Jember. Kemudian dilakukan penghitungan t hitung dilakukan juga penghitungan keefektifan relatif atau ER metode role playing dibandingkan dengan metode pembelajaran langsung dengan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penghitungan keefektifan relatif diperoleh ER sebesar 50,00% yang termasuk dalam kategori sedang, sehingga dapat dinyatakan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode role playing dalam tema 8 lingkungan sahabat kita dapat mencapai tingkat keefektifan sebesar 50,00%. Terdapat 50,00% yang tidak mencapai tingkat keefektifan dalam penerapan metode role playing tema 8 lingkungan sahabat kita pada siswa kelas V di SDN Rambigundam 02 Jember tahun pelajaran 2017/2018 yang disebabkan karena faktor lain yang tidak diketahui. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode role playing hasil belajarnya lebih baik daripada pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung dengan menggunakan pendekatan saintifk pada siswa kelas V tema 8 lingkungan sahabat kita di SDN Rambigundam 02 Jember semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94466
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository