dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh Kualitas Pertanyaan
terhadap Hasil Belajar adalah rendah, yaitu sebesar 0,243; (2) pengaruh
Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar adalah kuat, yaitu sebesar 0,610; (3)
pengaruh Kualitas Pertanyaan dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar peserta didik adalah sebesar 40,9%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: meskipun secara bersama-sama dan
secara sendiri-sendiri Kualitas Pertanyaan dan Kemandirian Belajar berpengaruh
signifikan terhadap Hasil Belajar, namun kekuatan dan kontribusi Kualitas
Pertanyaan terhadap Hasil Belajar lemah. Implikasinya, perlu diupayakan usahausaha
meningkatkan
kemampuan
peserta
didik
dalam
mengajukan
pertanyaan
yang
berkualitas.
Tanpa
keterampilan
mengajukan pertanyaan yang berkualitas, peserta
didik tidak dapat terlibat aktif dalam berbagai bentuk pembelajaran aktif. Akibat
lebih lanjut, peserta didik hanya berusaha menghafal materi pembelajaran dan
bukan mengonstruksi pengetahuan dalam pikiran berdasarkan materi pembelajaran
yang disajikan oleh guru. | en_US |