Show simple item record

dc.contributor.authorIIS PRASETYANINGSIH
dc.date.accessioned2013-12-17T04:17:14Z
dc.date.available2013-12-17T04:17:14Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM090210204175
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9439
dc.description.abstractPenelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Brainstorming Group pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Brainstorming Group pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011?. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Brainstorming Group pada pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011 dan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Brainstorming Group pada pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukorejo 03 Kecamatan Bangsalsari, dimulai pada tanggal 11 April 2011 sampai tanggal 25 April 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi wawancara dan tes. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPS menggunakan model Brainstorming Group dengan permainan lempar dadu pada Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran melalui model Brainstorming Group dengan melempar dadu mengalami peningkatan dan tergolong kriteria aktivitas siswa aktif. Hal tersebut ditunjukkan dengan analisis aktifitas siswa secara klasikal pada pembelajaran Brainstorming Group dengan melempar dadu, pada siklus I persentase aktifitas siswa sebesar 64.88 % dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II mencapai 80.56 % dengan kategori sangat aktif dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 58.33 % (tidak tuntas), dan pada siklus II mencapai 77.78% (tuntas).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204175;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPS, Masalah-Masalah Sosial, Brainstorming Groupen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING GROUP DENGAN PERMAINAN LEMPAR DADU PADA SISWA KELAS IV SDN SUKOREJO 03 KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record