Kesalahan Penggunaan Preposisi Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siliragung
Abstract
Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kesalahan
penggunaan preposisi yang ditemukan dalam karangan deskripsi siswa yaitu: (1)
kesalahan pemilihan preposisi tunggal dari, dengan, di, ke, dan pada; kesalahan
penghilangan preposisi tunggal di, dengan, dan oleh; kesalahan penambahan
preposisi tunggal dengan, di, dan tentang; kesalahan penulisan preposisi tunggal di
dan ke, (2) kesalahan pemilihan preposisi majemuk jenis korelasi yaitu antara-
hingga dan di-sampai; dan (3) kesalahan penggunaan preposisi oleh siswa
disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, (a) kurangnya kemampuan berbahasa siswa,
(b) kurangnya pengetahuan siswa tentang preposisi, (c) siswa kurang menguasai
kaidah penggunaan preposisi, (d) siswa kurang teliti dalam menggunakan preposisi,
dan (e) kurangnya koreksi guru terhadap kesalahan berbahasa siswa.
Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada mahasiswa
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar hasil penelitian ini dapat menambah
wawasan serta dapat dijadikan sebagai bahan diskusi mata kuliah Analisis
Kesalahan Berbahasa khusunya pada preposisi. Bagi guru Bahasa Indonesia
hendaknya lebih memperhatikan dan mengoreksi penggunaan preposisi siswa serta
melakukan perbaikan terhadap kesalahan penggunaan preposisi yang ditemukan
dengan cara menjelaskan kembali kaidah penggunaan preposisi sesuai kesalahan
yang dilakukan oleh siswa, artinya guru menjelaskan bagian yang salah dengan
perbaikannya. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya hasil penelitian ini dapat
dijadikan bahan pertimbangan dan masukan untuk mengadakan penelitian lanjutan
dalam ruang lingkup yang lebih luas tentang kebahasaan teks deskripsi lainnya dan
meneliti apakah guru merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap
kesalahan berbahasa siswa. Saran lain bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan
PTK sebagai perbaikan karena masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan
preposisi dalam penelitian ini.