• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Penggunaan Preposisi Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siliragung

    Thumbnail
    View/Open
    Yula Biolita Lestari - 150210402027_.pdf (8.817Mb)
    Date
    2019-03
    Author
    LESTARI, Yula Biolita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan preposisi yang ditemukan dalam karangan deskripsi siswa yaitu: (1) kesalahan pemilihan preposisi tunggal dari, dengan, di, ke, dan pada; kesalahan penghilangan preposisi tunggal di, dengan, dan oleh; kesalahan penambahan preposisi tunggal dengan, di, dan tentang; kesalahan penulisan preposisi tunggal di dan ke, (2) kesalahan pemilihan preposisi majemuk jenis korelasi yaitu antara- hingga dan di-sampai; dan (3) kesalahan penggunaan preposisi oleh siswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, (a) kurangnya kemampuan berbahasa siswa, (b) kurangnya pengetahuan siswa tentang preposisi, (c) siswa kurang menguasai kaidah penggunaan preposisi, (d) siswa kurang teliti dalam menggunakan preposisi, dan (e) kurangnya koreksi guru terhadap kesalahan berbahasa siswa. Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar hasil penelitian ini dapat menambah wawasan serta dapat dijadikan sebagai bahan diskusi mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa khusunya pada preposisi. Bagi guru Bahasa Indonesia hendaknya lebih memperhatikan dan mengoreksi penggunaan preposisi siswa serta melakukan perbaikan terhadap kesalahan penggunaan preposisi yang ditemukan dengan cara menjelaskan kembali kaidah penggunaan preposisi sesuai kesalahan yang dilakukan oleh siswa, artinya guru menjelaskan bagian yang salah dengan perbaikannya. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan untuk mengadakan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas tentang kebahasaan teks deskripsi lainnya dan meneliti apakah guru merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesalahan berbahasa siswa. Saran lain bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan PTK sebagai perbaikan karena masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan preposisi dalam penelitian ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94396
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository