Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Stem Dalam Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan lembar kerja siswa berbasis
STEM dalam Tema Selalu Behemat Energi Subtema Sumber Energi untuk kelas
IV Sekolah Dasar, (2) menguji efektivitas hasil pengembangan lembar kerja siswa
berbasis STEM dalam Tema Selalu Behemat Energi Subtema Sumber Energi
untuk kelas IV Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and
Development). Responden dalam uji coba ini adalah siswa kelas IV SD-IT
Harapan Umat Jember yang berjumlah 21 orang dan pada tahap penyebaran
dilaksanakan pada dua sekolah yaitu SDN Patrang 01 Jember dan SDN Kepatihan
03 Jember. Pengambilan data dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2018/2019. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
penelitian 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Sumber data dalam
penelitian ini adalah lembar validasi, hasil belajar siswa, dan angket respon siswa.
Hasil dari pengembangan ini adalah LKS berbasis STEM ini berdasarkan
hasil validasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa validitas LKS berbasis STEM
tergolong dalam kategori sangat valid. Hal ini diketahui dari analisis hasil validasi
dari tiga validator yaitu dengan persentase kevalidan sebesar 81,5%. Berdasarkan
hasil uji coba di SD-IT Harapan Umat Jember yang telah dilakukan diperoleh
hasil bahwa efektivitas LKS berbasis STEM tergolong sangat efektif dengan
persentase keefektivan sebesar 90,4%, kemudian dilanjutkan di SDN Patrang 01
Jember keefektivitasan mencapai 83,8% dan SDN Kepatihan 03 Jember
memperoleh hasil 86,2%. Respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis
STEM termasuk ke dalam kategori respon positif.