• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Stem Dalam Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    Yuma Tupu Dira Nerating - 150210204086_.pdf (3.652Mb)
    Date
    2019-04
    Author
    NERATING, Yuma Tupu Dira
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan lembar kerja siswa berbasis STEM dalam Tema Selalu Behemat Energi Subtema Sumber Energi untuk kelas IV Sekolah Dasar, (2) menguji efektivitas hasil pengembangan lembar kerja siswa berbasis STEM dalam Tema Selalu Behemat Energi Subtema Sumber Energi untuk kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Responden dalam uji coba ini adalah siswa kelas IV SD-IT Harapan Umat Jember yang berjumlah 21 orang dan pada tahap penyebaran dilaksanakan pada dua sekolah yaitu SDN Patrang 01 Jember dan SDN Kepatihan 03 Jember. Pengambilan data dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, hasil belajar siswa, dan angket respon siswa. Hasil dari pengembangan ini adalah LKS berbasis STEM ini berdasarkan hasil validasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa validitas LKS berbasis STEM tergolong dalam kategori sangat valid. Hal ini diketahui dari analisis hasil validasi dari tiga validator yaitu dengan persentase kevalidan sebesar 81,5%. Berdasarkan hasil uji coba di SD-IT Harapan Umat Jember yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa efektivitas LKS berbasis STEM tergolong sangat efektif dengan persentase keefektivan sebesar 90,4%, kemudian dilanjutkan di SDN Patrang 01 Jember keefektivitasan mencapai 83,8% dan SDN Kepatihan 03 Jember memperoleh hasil 86,2%. Respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis STEM termasuk ke dalam kategori respon positif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94391
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository