dc.description.abstract | Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, Pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak
mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan
negara. Penjelasan tersebut dimaksudkan bahwa untuk mencapai tujuan
pendidikan diperoleh melalui proses belajar mengajar. Beberapa moral tersebut
yaitu nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai
prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial, dan bertanggung jawab. Penting untuk menyampaikan nilai-nilai moral
kepada siswa dalam menempuh pendidikan untuk pembentukan karakteristik
siswa yang baik. Penanaman nilai moral tersebut tak lepas dari kandungan moral
dalam bahan ajar siswa. Salah satu bahan ajar tersebut ada pada siswa. Guru perlu
mengetahui secara cermat tentang hal tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu
bagaimanakah nilai moral dalam dongeng Nusantara pada buku siswa kelas 4
tema Daerah Tempat Tinggalku, serta apakah nilai moral dalam dongeng
Nusantara sesuai dengan Permendikbud No 20 Tahun 2018. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mendeskripsikan nilai moral dalam dongeng Nusantara pada buku
siswa kelas 4 tema Daerah Tempat Tinggalku, serta untuk mengetahui kesesuaian
nilai moral dalam dongeng dengan nilai moral yang ada pada Permendikbud No
20 Tahun 2018.
Jenis rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Data
dalam penelitian ini berupa tulisan yang terdapat dalam dongeng Nusantara yang
terdapat dalam buku siswa kelas 4 tema Daerah Tempat Tinggalku yang
mengindikasikan adanya nilai moral. Sumber data dari penelitian ini adalah
dongeng pada buku siswa kelas 4 tema Daerah Tempat Tinggalku. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data terdiri
atas tiga tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini secara umum terdapat
dalam tiga tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap
penyelesaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek-aspek nilai moral
menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan, alam, sesama manusia dan diri
sendiri dalam dongeng Nusantara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan
bahwa dongeng Nusantara dalam Buku Siswa kelas IV tema Daerah Tempat
Tinggalku mengandung nilai-nilai moral yang menyangkut nilai religius, alam,
sosial, dan personal. Selanjutnya, dongeng tersebut tidak memuat semua nilai
moral yang tertera pada Permendikbud No 20 Tahun 2018.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan
adalah bagi guru, hendaknya guru mempunyai alternatif belajar lain guna
memaksimalkan penanaman karakter untuk siswa. Hal tersebut perlu dilakukan
mengingat bahwa terdapat beberapa nilai karakter tidak tercantum dalam buku
siswa tema Daerah Tempat Tinggalku. Alternatif belajar lain yang dapat
digunakan guru adalah dongeng karya Fatiharifah dan Nisa Yustisia yang berjudul
Si Kancil dan Para Penghuni Rimba. Bagi pihak sekolah, sebagai penyelenggara
pendidikan, sekolah perlu memperluas buku bacaan siswa sebagai pendamping
buku siswa. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
untuk mengembangkan penelitian yang akan dilakukan selanjutnya. | en_US |