Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fungisida Merek Antracol Konsumen di Kecamatan Wuluhan
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif,
sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Penelitian assosiatif
merupakan penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel
atau lebih. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah citra merek,
sedangkan variabel dependen (Y) adalah keputusan pembelian konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan menggunakan
produk fungisida merek antracol yang jumlahnya tidak diketahui. Penentuan
sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Ferdinand yang kemudian
menghasilkan sampel sejumlah 98 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji
validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis (uji t
dan koefisien determinasi).
Hasil analisis regresi linier sederhana menghasilkan Y = 9,364+ 0,293X+ e
hasil analisis tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang positif citra merek
terhadap keputusan pembelian produk fungisida merek antracol. Nilai koefisien
dari variabel Citra Merek adalah bernilai positif 0,293 yang berarti bahwa setiap
kenaikan satu satuan variabel tersebut, akan meningkatkan Keputusan Pembelian
Produk Fungisida Merek Antracol sebesar 0,293.
Uji hipotesis menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian produk fungisida merek antracol konsumen di Kecamatan
Wuluhan. Berpengaruh positif artinya jika ada peningkatan pada citra merek maka
akan diikuti dengan peningkatan keputusan pembelian konsumen. Hal ini
dibuktikan dengan nilai tingkat probabilitas (α) adalah 0,000, hal ini berarti Citra
Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fungisida
Merek Antracol karena nilai probabilitas < 0,05 maka terbukti kebenarannya (H
a
diterima).
Hasil uji koefisien menunjukan model memiliki nilai R Square sebesar
0,618, hal ini berarti variabel terikat Keputusan Pembelian Produk Fungisida
Merek Antracol (Y) dipengaruhi Citra Merek (X) sebesar 61,8%. Nilai tersebut
menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel bebas mempengaruhi 61,8%
variabel terikat sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain
diluar model variabel ini.