Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 6 Subtema 2 Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu pada
semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian yaitu seluruh
siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya
terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada
siklus I sebesar 75,91% meningkat pada siklus II menjadi 79,10%. Peningkatan
yang terjadi pada aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 3,19%. Selain aktivitas
belajar, persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar
76,09% meningkat pada siklus II menjadi 80,38%. Peningkatan antara siklus I dan
siklus II pada hasil belajar siswa meningkat sebesar 4,29%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema 6 subtema 2 pada siswa kelas V MI
Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu. Adapun saran yang dapat dikemukakan
dalam penelitian ini yaitu: a) bagi guru yang mengalami permasalahan baik
aktivias maupun hasil belajar dapat menerapkan pendekatan CTL sebagai
alternatif pembelajaran agar siswa dapat belajar dan memaknai materi yang
dihubungkan dengan kehidupan nyata. b) bagi kepala sekolah agar lebih
memfasilitasi sekolah dengan media pembelajaran yang mendukung karakteristik
materi dalam pembelajaran CTL. c) bagi penelitian lain diharapkan dapat
melakukan penelitian tidak hanya aktivitas belajar siswa saja melainkan dapat
dikembangkan dengan penelitian terhadap aktivitas keterampilan proses sains
dasar pada penerapan CTL.