• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Gambaran Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Yusriani Purba - 142110101073.pdf (2.680Mb)
    Date
    2018-10-10
    Author
    PURBA, Yusriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini bertempat di ruang rawat inap Rumah Sakit Paru Jember pada bulan September sampai dengan bulan Oktober 2018. Sampel penelitian ini sebanyak 84 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik Systematic Random Sampling dengan modifikasi dari Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 84 responden penelitian, sebagian besar (89%) responden menilai puas terhadap kualitas pelayanan, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kesepakatan antara Rumah Sakit dengan pasien sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien secara menyeluruh. sebagian besar responden (75%) responden menilai cukup puas sehingga perlu meningkatkan ketelitian dalam memberikan pelayanan baik pada petugas penunjang, petugas medis, maupun petugas administrasi sehingga sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh pasien. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini saling berkaitan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap dalam meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit. Mutu pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan karena mutu pelayanan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan rumah sakit. Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan, maka fungsi pelayanan secara perlu ditingkatkan untuk memberi rasa puas bagi pelanggan yang datang untuk memeriksakan kesehatan mereka ke rumah sakit tersebut dan petugas Rumah Sakit mempertahankan hubungan baik dengan pasien dan mampu mengajak pasien untuk berobat tanpa harus melalui rujukan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu keberadaan petugas dalam memberikan pelayanan yang cepat dapat ditingkatkan dengan penambahan tenaga atau mengatur jadwal kerja sehingga cukup tersedia tenaga pada waktu sibuk, seluruh petugas rumah sakit perlu membentuk komitmen bersama dalam hal memberikan pelayanan untuk meningkatkan sikap tanggap, peduli, ramah, dan berkomunikasi yang baik kepada pasien dengan cara dilakukan supervisi atau sistem penilaian langsung oleh pasien serta khususnya pada petugas administrasi perlu dilakukan pengembangan keterampilan dalam melakukan pengaarsipan data atau berkas pasien dan perlu meningkatkan kedisplinan waktu dalam memberikan pelayanan agar pasien mendapatkan pelayanan yang tepat waktu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94318
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2304]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository