• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pengembangan Business Center Sebagai Labotratorium Kewirausahaan di Smk Negeri 4 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    TAUFAN DWI SUSILO - 160220303014-.pdf (7.281Mb)
    Date
    2019-07
    Author
    SUSILO, Taufan Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Implementasi business center sebagai labortaorium kewirusahaan di SMK Negeri 4 Jember memiliki kendala dalam hal kurangnya waktu dalam pengawasan dalam proses pembelajaranPembelajaran jurusan bisnis daring dan pemasaran memiliki kendala dalam proses peningkatan keterampilan dan sikap kewirausahaan. Peningkatan ini perlu adanya praktik dalam pembelajaran agar sikap tersebut bisa berkembang. Permasalahan yang muncul adalah sekolah menerapkan pembelajran teaching factory namun, terdapat kendala yakni pembelajaran ini tidak efisiesn dalam praktinya. sehingga sekolah melakukan kerjasama dengan pihak PT. Sumber Alfaria Trijaya dalam kegiatan praktik. Teori ini menggunakan teori manajeman G. R. Terry dengan konsep Planning, Organizing, Actuating dan Controling konsep ini sesuai untuk menjelaskan permasalahan dari kegiatan pelaksanaan praktik di unit business center . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi serta proses pengembangn Bussines Center dapat digunakan sebagai Laboratorium Kewirausahaan di SMK Negeri 4 Jember.Penelitian ini dilakukan di unit ritel business center kelas program alfamart class Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik di unit business center melakukan perencanaan, pengorganisasian, pe;laksanaan dan pengawasan. Namun, terdapt temuan untuk pengoirganisasian dan pengawasan masih belum terlaksana dengan baik. Pengorganisaian belom ada struktur organisasi yang jelas sehingga peran dari masing-masing struktur masih belum maksimal. Dalam pengawasan terdapat temuan guru belum sepenuhnya mendampingi dalam praktik di unit ritel business center sehingga pengawasan dalam praktik tidak berjalan dengan baik. Selanjutnya dalam business center di SMK Negeri 4 Jember belum memiliki program kerja secara tertulis karena kegiatan ini masih berjalan satu tahun. Namun, dalam hal lain seperti kegiatan pelaporan keuangan sudah menggunakan aplikasi, terdapat peningkatan omset dengan adanya plakat keci Alfamart yang menjadi ikon, untuk kerjasama industri adanya MoU yang nanti para peserta didik yang sudah lulus bisa bekerja di perusahaan Alfamart.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94311
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [266]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository