Strategi Pengembangan Business Center Sebagai Labotratorium Kewirausahaan di Smk Negeri 4 Jember
Abstract
Implementasi business center sebagai labortaorium kewirusahaan di SMK
Negeri 4 Jember memiliki kendala dalam hal kurangnya waktu dalam pengawasan
dalam proses pembelajaranPembelajaran jurusan bisnis daring dan pemasaran
memiliki kendala dalam proses peningkatan keterampilan dan sikap kewirausahaan.
Peningkatan ini perlu adanya praktik dalam pembelajaran agar sikap tersebut bisa
berkembang. Permasalahan yang muncul adalah sekolah menerapkan pembelajran
teaching factory namun, terdapat kendala yakni pembelajaran ini tidak efisiesn dalam
praktinya. sehingga sekolah melakukan kerjasama dengan pihak PT. Sumber Alfaria
Trijaya dalam kegiatan praktik. Teori ini menggunakan teori manajeman G. R. Terry
dengan konsep Planning, Organizing, Actuating dan Controling konsep ini sesuai
untuk menjelaskan permasalahan dari kegiatan pelaksanaan praktik di unit business
center .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan tujuan penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi serta proses pengembangn Bussines
Center dapat digunakan sebagai Laboratorium Kewirausahaan di SMK Negeri 4
Jember.Penelitian ini dilakukan di unit ritel business center kelas program alfamart
class Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen.
Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data
yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik di unit business center
melakukan perencanaan, pengorganisasian, pe;laksanaan dan pengawasan. Namun,
terdapt temuan untuk pengoirganisasian dan pengawasan masih belum terlaksana
dengan baik. Pengorganisaian belom ada struktur organisasi yang jelas sehingga
peran dari masing-masing struktur masih belum maksimal. Dalam pengawasan terdapat temuan guru belum sepenuhnya mendampingi dalam praktik di unit ritel
business center sehingga pengawasan dalam praktik tidak berjalan dengan baik.
Selanjutnya dalam business center di SMK Negeri 4 Jember belum memiliki program
kerja secara tertulis karena kegiatan ini masih berjalan satu tahun. Namun, dalam hal
lain seperti kegiatan pelaporan keuangan sudah menggunakan aplikasi, terdapat
peningkatan omset dengan adanya plakat keci Alfamart yang menjadi ikon, untuk
kerjasama industri adanya MoU yang nanti para peserta didik yang sudah lulus bisa
bekerja di perusahaan Alfamart.