Prosedur Pelaksanaan Pengiriman Paket Pos Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Jember
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) yang di laksanakan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Jember, maka dapat ditarik kesimpulan dalam Prosedur Pelaksanaan Pengiriman Paket pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Jember yaitu sebagai berikut: 1. Prosedur Pelaksanaan Pengiriman Paket pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Jember. a. Prosedur pelaksanaan pengiriman paket pos pada Kantor Pos Jember dimulai dengan pengisian formulir pengiriman–pengiriman paket, penimbangan paket, penentuan tarif, dan dilanjutkan dengan pengisian daftar pengantar kiriman sesuai dengan kota tujuan, kemudian dibuatkan label kantong. Pelaksanaan pengiriman paket pos tersebut, harus sesuai dengan ketentuan yang ada, apabila terjadi kesalahan maka paket pos tersebut tidak akan sampai pada tujuan. b. Setiap konsumen yang mengajukan keluhan atau pengaduan komplain akan melewati beberapa tahap dari tahap penyampaian oleh konsumen kepada petugas customer service, tahap identifikasi jenis paket yang dikeluhkan oleh konsumen atas keterlambatan, tahap pelcakan yang akan dilakukan oleh petugas customer service baik dibantu oleh back office atau tidak, kemudian tahap konfirmasi kepada konsumen. 2. Kegiatan Selama PKN (Praktek Kerja Prakter) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Jember. a. Membantu proses scan barcode paket pos Dalam kegiatan PKN penulis membantu proses berjalannya scanning paket yang ditempatkan pada bagian Manajer Antaran untuk membantu proses scanning paket kepada para kurir. Dalam pelaksanaan scanning digunakan untuk mencocokan paket dengan data manifest bahwa paket tersebut sudah ke tangan kurir antaran yang sesuai dengan lokasi antaran b. Melakukan input data Retur kiriman.
Dalam kegiatan PKN penulis membantu pelaksanaan input data pada
bagian reporting/pelaporan stastus kiriman surat retur. Pada kegiatan
reporting/pelaporan penulis ditempatkan pada mematikan status/mencatat
surat retur. Periksa resi dan masukkan nomor barcode misal penerima siapa
(keterangan ada beberapa pilihan), apa hubungan dengan kiriman tersebut,
nama yang bertanggung jawab menerima paket dengan mencantumkan tanda
tangan dan nama jelas si penerima kemudian resi dan data disimpan dikantor
terima/kantor asal untuk paling lama 2 bulan terhitung sejak tanggal
pengeposan, penyimpanan kurang lebih 1 tahun dan sesudahnya dapat
dimusnahkan atau dipotong.
3. Alternatif Solusi
Tindakan yang dilakukan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar
Jember yaitu apabila terjadinya keluhan konsumen atas keterlambatan
datangnya paket konsumen tersebut dengan melacak keberadaan paket
konsumen dengan mengakses website i-pos atau secara manual seperti
menelpon bagian kantor luar daerah yang menjadi tujuan paket dikirim
seperti ketua tim pengantar (antaran) berkoordinasi mengenai keberadaan
paket tersebut, dan apabila terjadi gangguan sinyal internet maka customer
service langsung menghubungi bagian back office untuk koordinasi mengenai
paket konsumen yang komplain agar bagian back office melacak secara
manual biasanya terlebih dahulu menghubungi kurir antaran sesuai alamat
kiriman paket tersebut dan apabila sudah diselesaikan kemudian meminta
permohonan maaf kepada konsumen akibat kurang nyamannya pelayanan
yang diberikan secara sengaja ataupun tidak disengaja, memberikan
konfirmasi keberadaan paket konsumen secara jelas dan sesuai fakta yang
ada.