PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN MLOKOREJO 04 PUGER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
berbahasa baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar yang dibuktikan
dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia dengan menggunakan media berupa gambar peristiwa aktual yang diambil
dari media cetak agar siswa dapat berpendapat sekaligus memberikan solusi dari
peristiwa tersebut sesuai perspektif siswa SD.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas di kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger
sejumlah 23 Siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun Informan
Peneliti yaitu Guru Kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger, Siswa, dan Referensi yang
berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan
teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
penerapan media gambar untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat
siswa kelas V SDN Mlokorejo 04 Kecamatan Puger berjalan dengan baik, siswa
terlihat lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pelajaran. Media gambar yang
menarik dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan
pada analisis aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa
mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, memperhatikan penejelasan guru, dan
mengerjakan tugas dengan baik dan semangat. Peningkatan aktifitas belajar siswa
sampai pada siklus II mencapai 78 % dan tergolong dalam kategori sangat aktif.
Penerapan media gambar yang terintegrasikan dalam siskusi kelompok dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar
pada siklus 1 secara klasikal sebesar 74% (tidak tuntas) dan siklus II secara klasikal
sebesar 83% (tuntas).