Show simple item record

dc.contributor.authorHesti Wulandari
dc.date.accessioned2013-12-17T04:00:41Z
dc.date.available2013-12-17T04:00:41Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM090210204206
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9424
dc.description.abstractKesimpulan dari penelitian ini adalah 1) proses penerapan penggunaan media realita yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo yaitu dengan guru menggunakan teknik membawa kelas ke dunia luar dan meminta siswa untuk mengamati media realita yang ada pada halaman sekolah dengan memanfaatkan waktu yang diberikan oleh guru untuk mengumpulkan bahan pembicaraan dengan cara menggunakan media tersebut untuk menentukan ide awal dari topik yang ingin dibicarakan dan dibuat dalam bentuk kerangka berbicara. Tiap siswa diberikan kesempatan untuk memilih sendiri media realita yang sesuai dengan topik yang diinginkan. Kemudian guru meminta siswa untuk kembali ke dalam kelas. Sebagai bentuk evaluasi, guru meminta siswa untuk maju satu persatu dan berbicara sesuai media realita yang dipilih dan guru menilai dengan menggunakan lembar penilaian berbicara yang telah disediakan sebelumnya. 2) peningakatan kemampuan berbicara setelah menggunakan media realita dapat dilihat dari perbandingan nilai siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai yang diperoleh siswa mencapai 1265 dengan rata-rata nilai 63, 25. Siswa yang mendapatkan nilai  65 sebanyak 11 siswa dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 63, 25 %. Setelah dilakukan pembelajaran berbicara menggunakan media realita dengan perencanaan yang lebih baik pada siklus II, ada peningkatan nilai menjadi 1560 dengan rata-rata nilai 79, 25%. Siswa yang mendapat nilai  65 sebanyak 18 siswa, maka ketuntasan hasil belajar siklus II telah meningkat menjadi 79, 25%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan adalah: 1) diharapkan siswa lebih giat belajar dan berlatih membiasakan diri berbicara di depan orang banyak; 2) diharapkan guru lebih teliti dalam pemilihan media pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi dan tujuan pembelajaran yang diinginkan tercapai; 3) sekolah dapat memberikan fasilitas atau media pembelajaran sebagai penunjang tercapainya pembelajaran berbicara yang lebih baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204206;
dc.subjectKemampuan Berbicara, Media Realitaen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 1 GELUNG SITUBONDO MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALITAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record