• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Phet Simulation Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sman 4 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Yani Rahmawati Santoso - 150210102015-.pdf (2.117Mb)
    Date
    2019-08-23
    Author
    SANTOSO, Yani Rahmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik selain yang tertuang dalam tujuan pendidikan nasional adalah kemampuan-kemampuan abad 21. Penggunaan pendekatan yang berpusat pada peserta didik dalam kegiatan pembelajarannya sangat dianjurkan. Seperti tertuang dalam kurikulum 2013 yang mengamanatkan penggunaan pendekatan ilmiah/scientific dalam proses pembelajarannya. Salah satu tuntutan yang harus dicapai dalam pembelajaran kurikulum 2013 adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk mencapai kemampuan berpikir kritis siswa,diperlukan metode dan model pembelajaran yang tepat. Salah satu yang dapat digunakan ialah model pembelajaran inkuiri terbimbing (quided inquiry) dengan bantuan media simulasi PhET. Media simulasi PhET membantu penyampaian pokok pembelajaran yang tidak dapat disampaian wujudnya secara langsung seperti materi termodinamika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 4 Jember dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET simulation pada materi Termodinamika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penentuan sampel penelitian menggunaan purposive sampling, dimana dalam pengambilan sampel menggunakan pertimbangan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis berupa soal esai. Indikator berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator berpikir kritis menurut Facione yang memiliki enam indikator. Pencapaian kemampuan berpikir kritis yang diperoleh siswa diketahui dar i jawaban siswa atas sepuluh pertanyaan uraian yang diberikan. Adapun hasil pencapaian siswa dalam enam indikator berpikir kritis adalah sebagai berikut, pada indikator interpretasi pencapaian yang ditunjukkan siswa sebesar 82 yang terkategori sangat tinggi. Kedua, pada indikator analisis sebesar 92,4 yang terkategori sangat tinggi. Indikator ketiga, evaluasi dengan pencapaian sebesar 68,7 yang terkategori tinggi. Keempat ada indikator inferensi yang terkategori sedang dengan pencapaian rata-rata siswa sebesar 42. Dan selanjutnya ada indikator penjelasan dan regulasi diri yang sama-sama dalam kategori tinggi yaitu dengan pencapaian masing-masing 69,7 dan 75. Dari enam indikator yang telah diketahui pencapaiannya dapat dikatakan bahwa pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 4 Jember terkategori tinggi. Kemampuan yang menonjol dalam berpikir kritis yang dimiliki siswa SMAN 4 Jember adalah kemampuan dalam menganalisis. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian indikator analisis yang dicapai siswa lebih tinggi dari indikator-indikator kemampuan berpikir kritis yang lain. Untuk kemampuan yang kurang ada pada kemampuan inferensi, hal ini karena ditemukan banyak siswa yang tidak menjawab atau menyebutkan variabel-variabel yang diminta. Nilai hasil pembelajaran dengan inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dari pada pembelajaran sebelumnya. Pencapaian hasil belajar yang lebih tinggi ini menunjukkan bahwa adanya kemampuan berpikir kritis siswa yang tinggi. Dimana siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi maka hasil belajarkan akan meningkat. Kemampuan berpikir kritis yang tinggi dikarenakan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran, khususnya dalam memperoleh informasi dan pengalaman dengan bantuan PhET yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94246
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository