• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Partisipasi Warga Belajar Dalam Keberhasilan Belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pkbm Gita Nusa Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Vita Noka Adelyan - 150210201008-.pdf (2.603Mb)
    Date
    2019-07-19
    Author
    ADELYAN, Vita Noka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan salah satu satuan yang ada di pendidikan non formal, dimana PKBM tersebut dapat digunakan sebagai wadah untuk menambah pengetahuan, wawasan bagi masyarakat yang kurang dalam memperoleh pendidikan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ini. Terdapat beberapa program salah satunya yaitu Pendidikan Kesetaraan Paket A,B,C. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Gita Nusa yang ada di Kecamatan Pakusari ini mempunyai beberapa program diantaranya program pendidikan kesetaraan Paket A,B kemudian taman bacaan masyarakat dan keaksaraan fungsional akan tetapi yang masih aktif saat ini adalah program pendidikan kesetaraan Paket A dan B. Terwujudnya pendidikan kesetaraan sesuai dengan visi misi tentunya harus diimbangi dengan partisipasi atau keikutsertaan warga belajar dalam memperoleh pengetahuan serta wawasan. Akan tetapi permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah warga belajar yang jarang mengikuti proses pembelajaran dikarenakan pekerjaan yang sulit ditinggal. Tujuan penelitian untuk mengetahui partisipasi warga belajar dalam keberhasilan belajar program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Gita Nusa. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Area, adapun lokasi penelitian dilakukan di PKBM Gita Nusa yang berlamatkan di Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik Snowball Sampling, dimana warga belajar program pendidikan kesetaraan Paket B ini sebagai informan kunci, sedangkan informan pendukung dari penelitian ini yakni tutor dan pengelola program pendidikan kesetaraan Paket B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji kebasahan data yang digunakan yaitu perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang hasilkan yaitu berupa narasi dan dianalisis menggunakan analisis data menggunakan model Miles dan huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi yang dilakukan warga belajar ini berbeda-beda antara warga belajar satu dan yang lainnya. Partisipasi kontributif yang dimunculkan berbeda, dalam mengikuti pembelajaran ada warga belajar yang masuk seminggu dua kali, seminggu satu kali atau sebulan dua kali untuk mengikuti pembelajaran. Warga belajar jarang masuk ini dikarenakan pekerjaan atau tanggungan untuk menafkahi keluarga. Meskipun warga belajar jarang masuk akan tetapi mempunyai inisiatif untuk mengejar materi yang telah tertinggal dengan bertanya kepada tutor. Selain bertanya kepada tutor di akhir semester atau menjelang ujian tutor selalu memberikan pengayaan, jadi pengayaan dilakukan untuk mengingat kembali materi atau soal-soal latihan yang telah diberikan. Sehingga warga belajar dapat memahami dan mengerjakan soal, selain itu juga warga belajar dapat mempraktekkan cara membuat mie warna-warni dari pewarna alami. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran akan tetapi setiap warga belajar satu dengan yang lainnya memiliki partisipasi belajar yang berbeda-beda. Partisipasi kontributif dalam kehadiran dan intensitas bertanya dalam pembelajaran berbeda-beda, akan tetapi mempunyai partisipasi inisiatif untuk meminta soal tambahan untuk di pelajari. Partisipasi warga belajar yang berbeda-beda tersebut karena mayoritas sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan untuk bekerja maka ada beberapa yang jarang masuk. Dengan adanya partisipasi tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94241
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository