• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Sejarah Kebudayaan Lumajang Untuk Pembelajaran Sejarah di SMA Kelas X Dengan Model R2D2

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Oktafiyani Heriyanto -150210302008_.pdf (4.674Mb)
    Date
    2019-03
    Author
    HERIYANTO, Nur Oktafiyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang disebut “Research and Development” yang menggunakan model pengembangan R2D2 (Reflective, Recursive, Design and Development) sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik, diantaranya: (1) observasi; (2) wawancara; (3) angket; dan (4) tes. Subjek penelitian ini melibatkan pendidik mata pelajaran sejarah dan 36 peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Lumajang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Produk ini divalidasi oleh ahli, diuji oleh pengguna, dan dianalisis menggunakan rumus peningkatan dan uji t dengan bantuan program SPSS guna mengetahui kelayakan produk dan peningkatan kesadaran sejarah pada peserta didik. Hasil validasi ahli materi, bahasa, dan desain pembelajaran secara berturutturut menunjukkan: (1) nilai 84,21% berkategori “baik”; (2) nilai 96% berkategori “sangat baik”; dan (3) nilai 78,33% berkategori “baik”. Hasil uji pengguna mendapatkan nilai 98% yang berkategori “sangat baik”. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan kategori sangat tinggi pada indikator pertama, kedua, dan ketiga dengan persentase: (1) 87,5%; (2) 100%; dan (3) 87,5%, serta terdapat kategori cukup tinggi pada indikator keempat dengan persentase 63,5%. Sementara pada uji coba lapangan atau kelompok besar, peserta didik juga mengalami peningkatan kesadaran sejarah. Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan kategori sangat tinggi pada indikator pertama, ketiga, dan keempat dengan persentase: (1) 100%; (2) 95%; dan (3) 100%, serta terdapat kategori cukup tinggi pada indikator kedua dengan persentase 69%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil suatu kesimpulan: (1) modul elektronik Sejarah Kebudayaan Lumajang telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah untuk kelas X SMA; dan (2) modul elektronik Sejarah Kebudayaan Lumajang berhasil dalam meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik pada materi sejarah lokal sebagai bagian dari kompetensi mata pelajaran sejarah Indonesia.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94240
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository