• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sdn Kepatihan 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Rosalia Indah - 150210204062-.pdf (4.774Mb)
    Date
    2019-07-05
    Author
    INDAH, Rosalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 memuat penilaian dalam aspek ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Guru kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan metode tanya jawab dan penugasan tetapi belum optimal, sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian menerapkan model pembelajaran inkuiri tema indahnya keragaman di Negeriku untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran inkuiri tema indahnya keragaman di Negeriku, subtrema 3, pembelajaran 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kepatihan 03 Jember. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember melalui penerapan model pembelajaran inkuiri tema indahnya keragaman di Negeriku. Penelitian dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Jember, waktu pelaksanaan adalah semester genap tahun pelajaran 2018/2019 pada tema “indahnya keragaman di Negeriku” subtema indahnya persatuan dan kesatuan Negeriku pembelajaran 3. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari enam langkah yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan membuat kesimpulan. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil prasiklus menunjukan skor rata-rata klasikal ranah afektif sebesar 65,9 dengan kategori cukup baik, skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa sebesar 69,5 dengan kategori cukup baik, dan skor rata-rata klasikal ranah psikomotor siswa sebesar 66,17 dengan kategori cukup baik. Hal ini dikarenakan model dalam proses pembelajaran kurang bervariasi, guru cenderung hanya mneggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada tema indahnya keragaman di Negeriku subtema indahnya persatuan dan kesatuan di Negeriku pembelajaran 3 diperoleh hasil observasi skor rata-rata klasikal ranah afektif pada kegiatan prasiklus sebesar 65,9 dengan kategori cukup baik, skor rata-rata klasikal ranah afektif siklus I sebesar 75,6 dengan kategori baik, dan skor rata-rata klasikal ranah afektif siklus II sebesar 79 dengan kategori baik. Skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada kegiatan prasiklus sebesar 69,5 dengan kategori cukup baik, skor rata-rat klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I sebesar 73,3 dengan kategori baik dan skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus II sebesar 78,3 dengan kategori baik. Skor rata-rata klasikal ranah psikomotor pada kegiatan prasiklus sebesar 66,17 dengan kategori cukup baik, skor rata-rata klasikal psikomotor siklus I sebesar 76 dengan kategori baik dan skor rata-rata klasikal ranah psikomotor siklus II sebesar 82 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember tema “indahnya keragaman di Negeriku” subtema indahnya persatuan dan kesatuan Negeriku pembelajaran 3. Saran yang diberikan bagi guru penggunaan model pembelajara inkuiri dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian yang serupa dengan tema dan pembelajaran yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94223
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository