Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sdn Kepatihan 03 Jember
Abstract
Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 memuat penilaian dalam
aspek ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Guru kelas IV SDN Kepatihan 03
Jember sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan metode tanya jawab dan
penugasan tetapi belum optimal, sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk
mengikuti pembelajaran. Penelitian menerapkan model pembelajaran inkuiri
tema indahnya keragaman di Negeriku untuk mengatasi masalah tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan
model pembelajaran inkuiri tema indahnya keragaman di Negeriku, subtrema 3,
pembelajaran 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN
Kepatihan 03 Jember. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember melalui
penerapan model pembelajaran inkuiri tema indahnya keragaman di Negeriku.
Penelitian dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Jember, waktu pelaksanaan
adalah semester genap tahun pelajaran 2018/2019 pada tema “indahnya
keragaman di Negeriku” subtema indahnya persatuan dan kesatuan Negeriku
pembelajaran 3. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari enam langkah yaitu orientasi,
merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji
hipotesis, dan membuat kesimpulan. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN
Kepatihan 03 Jember yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil prasiklus menunjukan skor rata-rata klasikal ranah afektif sebesar
65,9 dengan kategori cukup baik, skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah
kognitif siswa sebesar 69,5 dengan kategori cukup baik, dan skor rata-rata klasikal ranah psikomotor siswa sebesar 66,17 dengan kategori cukup baik. Hal ini
dikarenakan model dalam proses pembelajaran kurang bervariasi, guru cenderung
hanya mneggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
inkuiri pada tema indahnya keragaman di Negeriku subtema indahnya persatuan
dan kesatuan di Negeriku pembelajaran 3 diperoleh hasil observasi skor rata-rata
klasikal ranah afektif pada kegiatan prasiklus sebesar 65,9 dengan kategori cukup
baik, skor rata-rata klasikal ranah afektif siklus I sebesar 75,6 dengan kategori
baik, dan skor rata-rata klasikal ranah afektif siklus II sebesar 79 dengan kategori
baik. Skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada kegiatan
prasiklus sebesar 69,5 dengan kategori cukup baik, skor rata-rat klasikal hasil
belajar ranah kognitif siswa pada siklus I sebesar 73,3 dengan kategori baik dan
skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus II sebesar 78,3
dengan kategori baik. Skor rata-rata klasikal ranah psikomotor pada kegiatan
prasiklus sebesar 66,17 dengan kategori cukup baik, skor rata-rata klasikal
psikomotor siklus I sebesar 76 dengan kategori baik dan skor rata-rata klasikal
ranah psikomotor siklus II sebesar 82 dengan kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 03
Jember tema “indahnya keragaman di Negeriku” subtema indahnya persatuan dan
kesatuan Negeriku pembelajaran 3. Saran yang diberikan bagi guru penggunaan
model pembelajara inkuiri dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan
hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
referensi untuk mengembangkan penelitian yang serupa dengan tema dan
pembelajaran yang berbeda.