Show simple item record

dc.contributor.authorHendrik Budi Susanto
dc.date.accessioned2013-12-17T03:58:06Z
dc.date.available2013-12-17T03:58:06Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM070210204140
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9421
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Penataan Winongan Pasuruan pada tanggal 14 Juli sampai 13 agustus 2011 tahun ajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. viii Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model penelitian versi Kemmis & Mc Taggart, dimana penelitian tindakan yang dilaksanakan berupa proses pengkajian dasar yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan, tes. Aktivitas siswa pada pembelajaran secara klasikal pada siklus I sebesar 76,75%, Sedangkan pada siklus II sebesar 89,14 %. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sudah mencapai standar ketuntasan yang ditentukan dengan ketuntasan klasikal sebesar 89,47%. Revisi perencanaan dan tindakan dilakukan agar terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan dalam kerja kelompok serta ketepatan dalam membuat catatan dengan menggunakan tenik Mind Mapping (Peta Pikiran). Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar secara klasikal diperoleh sebesar 94,73%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) berjalan dengan baik dan teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dapat digunakan sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pembelajaran dengan teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) siswa berhasil mencapai ketuntasan hasil belajar sebesar 94,73%. Penerapan Teknik Mind Mapping (Peta pikiran) cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka sebaiknya guru perlu mensosialisasikan terlebih dahulu dan memberikan pelatihan sebelum menerapkan teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam pembelajaran agar siswa tidak bingung selama pelaksanaan dan juga perlu diperhati dan juga sebaiknya untuk pokok bahasan yang menuntut siswa menghafal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204140;
dc.subjectMind Mapping (Peta Pikiran), Fungsi Alat Tubuh Manusiaen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA MATERI FUNGSI ALAT TUBUH MANUSIA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL SDN PENATAAN WINONGAN PASURUAN TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record