Pengembangan Media Pembelajaran Fotonovela Berbantuan Ms Publisher Pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmetika
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan suatu bangsa. Penyelenggaraan proses pendidikan di sekolah tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pada proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat, motivasi dan keinginan baru bagi pebelajar. Media baru dalam matematika salah satunya yaitu fotonovela yang pengaplikasiannya tak lepas dari bantuan terknologi. Media interaktif online yang dapat digunakan untuk mengakses fotonovela salah satunya yaitu website easyclass.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, kevalidan, dan keefektifan media pembelajaran fotonovela matematika berbantuan Ms Publisher pada pokok bahasan barisan dan deret aritmetika. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah fotonovela pada aplikasi barisan dan deret aritmetika. Proses pengembangan media menggunakan Ms Publisher sebagai pembuatan fotonovela dengan memanfaatkan website Easyclass sebagai media interaktif untuk mengakses fotonovela. Easyclass digunakan sebagai sarana untuk mengakses fotonovela dikarenakan beberapa faktor, yaitu website ini dapat digunakan secara gratis oleh guru dan siswa, memiliki ruang yang cukup besar dengan maksimal ukuran file yang dapat diunggah sebesar 50 MB, selain itu guru dan siswa dapat dengan mudah melakukan registrasi menggunakan akun e-mail masing-masing. Maksimal jumlah siswa yang dapat bergabung dalam kelas online yaitu 150 orang.
Model pengembangan yang dilakukan yaitu model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develope (pengembangan, dan disseminate (penyebaran). Kevalidan media fotonovela ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh ketiga validator, yaitu dua dosen matematika FKIP Universitas Jember dan seorang guru matematika SMA Negeri 1 Tempeh. Kepraktisan media fotonovela diukur berdasarkan hasil angket respon siswa yang diisi setelah siswa mengikuti pembelajaran. Sedangkan efektivitas media fotonovela diukur berdasarkan hasil tes belajar siswa dalam mengerjakan soal-soal pada fotonovela tersebut. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tempeh. Sekolah tersebut dipilih karena beberapa faktor, diantaramya tersedia fasilitas laboratorium komputer dan jaringan internet yang lancar.
Kegiatan pengembangan fotonovela menghasilkan sebuah media yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid ditunjukkan dari hasil validasi media untuk aspek materi dan soal, format, dan kebahasaan berturut-turut untuk validator 1, validator 2, dan validator 3 yaitu 3,83; 3,57; dan 3,61. Sehingga diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,67 yang menunjukkan media fotonovela termasuk valid.
Media fotonovela yang dikembangkan dikatakan efektif apabila minimal 75% siswa yang mengikuti pembelajaran memperoleh tingkat penguasaan materi minimal skor 75. Sehingga berdasarkan perhitungan secara matematik, terdapat 88,24% siswa yang mencapai kriteria tersebut. Sehingga media pembelajaran fotonovela berbantuan Ms Publisher dapat dikatakan efektif. Media fotonovela berbantuan Ms Publisher yang dikembangkan dikatakan praktis apabila hasil angket respon siswa memenuhi presentase ≥80%. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh hasil angket respon siswa sebesar 85,23%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media fotonovela berbantuan Ms Publisher pada pokok bahasan barisan dan deret aritmatika termasuk pada tingkat kepraktisan sangat tinggi.
Pengembangan media fotonovela berbantuan Ms Publisher menghasilkan suatu produk akhir berupa fotonovela yang dapat diakses secara online melalui website easyclass dengan cara melakukan registrasi menggunakan e-mail sebagai Students di laman easyclass dengan mengetikkan kode akses “5YLS-4W1B