dc.description.abstract | Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) memaparkan upaya
meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi melalui penerapan pendekatan
kontekstual pada siswa kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember, 2) meningkatkan hasil
belajar menulis surat pribadi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa
kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Penelitian dilakukan di SDN Kemiri 03 Kecamatan Panti Jember dengan
jumlah siswa 13, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pambelajaran menulis surat
pribadi melalui pendekatan kontekstual siswa kelas V SDN Kemiri 03 yang
dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat
pribadi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat mengembangkan potensi siswa
dalam menulis surat pribadi secara optimal, serta memberi peluang bagi siswa untuk
belajar secara aktif.
Kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi setelah diterapkannya
pendekatan kontekstual, dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar
dalam tiap siklus. Pada tahap Prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar
sebanyak 3 siswa (23%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa
(77%). Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa
(54%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (46%). Pada siklus II
ketuntasan belajar siswa mencapai 77% (10 siswa), sedangkan siswa yang tidak
tuntas mencapai 23% (3 siswa).
Berdasarkan hasil penelitian ,dapat disarankan sebagai berikut. Bagi siswa,
hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan
dalam menulis surat pribadi melalui pendekatan kontekstual. Bagi peneliti,
diharapkan dapat bermanfaat sebagai masukan pengetahuan serta dapat
menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya sekolah dasar. | en_US |