Show simple item record

dc.contributor.advisorHARIYADI, Slamet
dc.contributor.advisorNARULITA, Erlia
dc.contributor.authorHASANAH, Luthfiyatul
dc.date.accessioned2019-11-12T03:59:14Z
dc.date.available2019-11-12T03:59:14Z
dc.date.issued2019-07-26
dc.identifier.nimNIM170220104009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94178
dc.description.abstractTuntutan pembelajaran abad 21 menuntut manusianya memiliki keterampilan teknologi dan manajemen informasi, belajar dan berinovasi, berkarir dan memiliki kesadaran global, serta berkarakter. Saat ini untuk memenuhi tingginya permintaan pasar terkait produk yang berbasis sains dan teknologi diperlukan pendidikan yang mampu menjawab tantangan tersebut. Salah satu pendekatan yang memiliki karakteristik untuk menjawab tuntutan pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics). Salah satu unsur sains ada pada mata pelajaran Biologi. Karakter materi Biologi yang sesuai untuk diintegrasikan dengan pendekatan STEAM adalah materi Bioteknologi. Permasalahan pembelajaran Bioteknologi berkaitan erat dengan bahan ajar yang digunakan saat pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang menarik dan mampu melatih kemandirian siswa adalah modul. Media cetak belum mampu menjelaskan suatu proses dengan singkat dan mudah dipahami oleh pembaca, namun media elektronik berupa animasi flash mampu menutupi kekurangan tersebut. Sehingga diperlukan pengembangan modul bioteknologi berbasis STEAM dilengkapi animasi flash untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan modul bioteknologi berbasis STEAM dilengkapi animasi flash yang layak, praktis, dan efektif untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan modul berbasis STEAM yang dilengkapi media animasi flash pada materi Bioteknologi untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah 4-D model,yang terdiri dari 4 tahap, yakni (1) difine, (2) design, (3) development, dan (4) dissemination. Penelitian uji coba produk pengembangan modul ini dilakukan di MAN 1 Jember pada siswa Kelas XII MIA-1, sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan modul bioteknologi berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dilengkapi animasi flash memiliki skor kelayakan 89.85% dengan kategori sangat valid. Skor rata-rata respon siswa dengan nilai sebesar 81 dan observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai 80 dengan kategori praktis. Nilai rerata post-test (80.09) > nilai rerata pre-tes (27.51) dan rerata N-Gain termasuk dalam kategori tinggi (0.72),sehingga modul dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan bahwa modul bioteknologi berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dilengkapi animasi flash untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA yang telah dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries170220104009;
dc.subjectBioteknologien_US
dc.subjectScienceen_US
dc.subjectTechnologyen_US
dc.subjectEngineeringen_US
dc.subjectArtsen_US
dc.subjectMathematicsen_US
dc.subjectFlashen_US
dc.titlePengembangan Modul Bioteknologi Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Dilengkapi Animasi Flash Untuk Pembelajaran Biologi di Sma/Maen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record