dc.description.abstract | Tuntutan pembelajaran abad 21 menuntut manusianya memiliki keterampilan
teknologi dan manajemen informasi, belajar dan berinovasi, berkarir dan memiliki
kesadaran global, serta berkarakter. Saat ini untuk memenuhi tingginya permintaan
pasar terkait produk yang berbasis sains dan teknologi diperlukan pendidikan yang
mampu menjawab tantangan tersebut. Salah satu pendekatan yang memiliki
karakteristik untuk menjawab tuntutan pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran
berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics).
Salah satu unsur sains ada pada mata pelajaran Biologi. Karakter materi Biologi
yang sesuai untuk diintegrasikan dengan pendekatan STEAM adalah materi
Bioteknologi. Permasalahan pembelajaran Bioteknologi berkaitan erat dengan
bahan ajar yang digunakan saat pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang menarik
dan mampu melatih kemandirian siswa adalah modul. Media cetak belum mampu
menjelaskan suatu proses dengan singkat dan mudah dipahami oleh pembaca,
namun media elektronik berupa animasi flash mampu menutupi kekurangan
tersebut. Sehingga diperlukan pengembangan modul bioteknologi berbasis STEAM
dilengkapi animasi flash untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA. Tujuan dari
penelitian ini adalah mendeskripsikan modul bioteknologi berbasis STEAM
dilengkapi animasi flash yang layak, praktis, dan efektif untuk pembelajaran
Biologi di SMA/MA
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini
mengembangkan modul berbasis STEAM yang dilengkapi media animasi flash
pada materi Bioteknologi untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA. Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah 4-D model,yang terdiri dari 4 tahap, yakni (1) difine, (2) design, (3) development, dan (4) dissemination.
Penelitian uji coba produk pengembangan modul ini dilakukan di MAN 1 Jember
pada siswa Kelas XII MIA-1, sebanyak 32 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan modul bioteknologi berbasis STEAM
(Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dilengkapi animasi
flash memiliki skor kelayakan 89.85% dengan kategori sangat valid. Skor rata-rata
respon siswa dengan nilai sebesar 81 dan observasi keterlaksanaan pembelajaran
dengan nilai 80 dengan kategori praktis. Nilai rerata post-test (80.09) > nilai rerata
pre-tes (27.51) dan rerata N-Gain termasuk dalam kategori tinggi (0.72),sehingga
modul dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan bahwa modul bioteknologi
berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics)
dilengkapi animasi flash untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA yang telah
dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. | en_US |