• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Stik Abjad Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelompok B TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Irana Dewi - 150210205081-.pdf (1.903Mb)
    Date
    2019-07-11
    Author
    DEWI, Indah Irana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa adalah hal terpenting dalam berkomunikasi dengan orang lain disekitarnya. Perkembangan kemampuan membaca pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember masih terbilang kurang maksimal dan bahkan ada beberapa dari siswa kelompok B ini masih belum bisa mengenal huruf dan membaca kata sederhana. Pada siswa kolompok B ini beberapa tingkat pencapaian perkembangan yang seharusnya sudah anak capai pada tahap usia tersebut ternyata masih belum tercapai. Beberapa tingkat pencapaian perkembangan tersebut di antaranya anak belum bisa mengenal dan menyebutkan simbol-simbol huruf yang ada, membaca kata-kata sederhana, membaca namanya sendiri, serta menyebutkan huruf yang menyusun nama-nama benda yang ada disekitarnya. Salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa ada media stik abjad. Media stik abjad ini bertujuan untuk mengenalkan huruf-huruf kepada anak. Media ini dikemas dengan menarik, sederhana dan mudah digunakan oleh anak. Selain mengenal huruf anak akan lebih efektif dalam membuat rangkaian kata dari huruf-huruf tersebut dengan menyusun sendiri huruf-huruf yang ada untuk membentuk kata-kata sederhana. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan membaca siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019?”. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan membaca anak pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Kelompok yang diuji terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok B2 sebagai kelas eksperimen kelompok B3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penilaian terdiri dari dua aspek yang dinilai, di mana masing-masing aspek memiliki dua poin penilaian. Aspek pertama adalah kemampuan menyusun huruf, poin pertama dari aspek tersebut adalah menunjukkan huruf yang disebutkan dan menyusun kata sederhana. Aspek kedua adalah kemampuan membaca yang terdiri dari poin pertama membaca kata sederhana serta membaca kalimat sederhana. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari 1) hasil observasi untuk melihat aspek perkembangan kemampuan membaca siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, 2) informasi dari kepala sekolah dan guru-guru kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, 3) literatur yang mendukung 4) dokumentasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil t sebesar 3,492. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan t tabel x hitung . Diketahui df= n-2 (34-2) = 32 pada taraf signifikansi 5%, nilai t tabel = 2,041. Berdasarkan hasil tersebut nilai t apabila ditulis dalam angka 3,492 > 2,041 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternative (H ) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. a Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media stik abjad dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran di kelas. Bagi sekolah hendaknya mengoptimalkan kemampuan guru agar bisa menciptakan media pembelajaran yang unik dan menarik supaya anak tidak merasa bosan dalam belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94172
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository