Pengaruh Penggunaan Media Stik Abjad Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelompok B TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Bahasa adalah hal terpenting dalam berkomunikasi dengan orang lain
disekitarnya. Perkembangan kemampuan membaca pada siswa kelompok B di TK
Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember masih terbilang
kurang maksimal dan bahkan ada beberapa dari siswa kelompok B ini masih
belum bisa mengenal huruf dan membaca kata sederhana. Pada siswa kolompok B
ini beberapa tingkat pencapaian perkembangan yang seharusnya sudah anak capai
pada tahap usia tersebut ternyata masih belum tercapai. Beberapa tingkat
pencapaian perkembangan tersebut di antaranya anak belum bisa mengenal dan
menyebutkan simbol-simbol huruf yang ada, membaca kata-kata sederhana,
membaca namanya sendiri, serta menyebutkan huruf yang menyusun nama-nama
benda yang ada disekitarnya. Salah satu media yang dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa ada media stik abjad. Media stik abjad ini bertujuan
untuk mengenalkan huruf-huruf kepada anak. Media ini dikemas dengan menarik,
sederhana dan mudah digunakan oleh anak. Selain mengenal huruf anak akan
lebih efektif dalam membuat rangkaian kata dari huruf-huruf tersebut dengan
menyusun sendiri huruf-huruf yang ada untuk membentuk kata-kata sederhana.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh
penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan membaca siswa kelompok B
di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun
pelajaran 2018/2019?”. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan
membaca anak pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Kelompok yang diuji
terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok B2 sebagai kelas eksperimen kelompok
B3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penilaian
terdiri dari dua aspek yang dinilai, di mana masing-masing aspek memiliki dua
poin penilaian. Aspek pertama adalah kemampuan menyusun huruf, poin pertama
dari aspek tersebut adalah menunjukkan huruf yang disebutkan dan menyusun
kata sederhana. Aspek kedua adalah kemampuan membaca yang terdiri dari poin
pertama membaca kata sederhana serta membaca kalimat sederhana.
Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari 1) hasil observasi untuk
melihat aspek perkembangan kemampuan membaca siswa selama proses
pembelajaran berlangsung di kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember, 2) informasi dari kepala sekolah dan guru-guru
kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember, 3) literatur yang mendukung 4) dokumentasi. Metode pengumpulan data
yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil t
sebesar 3,492. Hasil tersebut
kemudian dibandingkan dengan t
tabel
x
hitung
. Diketahui df= n-2 (34-2) = 32 pada taraf
signifikansi 5%, nilai t
tabel
= 2,041. Berdasarkan hasil tersebut nilai t
apabila ditulis dalam angka 3,492 > 2,041 sehingga dapat diambil kesimpulan
bahwa hipotesis nihil (H
0
) ditolak dan hipotesis alternative (H
) diterima yang
berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan
siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.
a
Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran
menggunakan media stik abjad dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan
kemampuan membaca siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pendukung
dalam pembelajaran di kelas. Bagi sekolah hendaknya mengoptimalkan
kemampuan guru agar bisa menciptakan media pembelajaran yang unik dan
menarik supaya anak tidak merasa bosan dalam belajar.