• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Game Edukasi Pada Pokok Bahasan Ekosistem Berbasis Taman Nasional Baluran Untuk Kelas X Sma

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Alvionita - 140210103060-.pdf (3.210Mb)
    Date
    2019-07-30
    Author
    ALVIONITA, DeviSUBEHAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi di era global saat ini semakin pesat. Hampir seluruh aspek dalam kehidupan berkaitan dengan teknologi termasuk dalam bidang pendidikan. Pendidikan merupakan modal utama untuk membentuk generasi muda yang berkompeten membangun bangsa yang lebih baik. Salah satu solusi terbaik beradaptasi menghadapi perkembangan teknologi yang pesat ini adalah melakukan pengembangan dibidang pendidikan dengan memanfaatkan teknologi agar mampu bersaing secara global. Mempelajari biologi tidak cukup mempelajari teori-teorinya saja namun dituntut untuk dapat memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran, sering terjadi beberapa kenadala seperti keterbatasan ruang, waktu, dan kenadala lainnya sehingga dapat menghambat proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan media pembelajaran interatif dan inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan dalam proses pembelajaran. Game edukasi merupakan salah satu media pembelajaran interatif. Game edukasi merupakan salah satu solusi terbaik untuk belajar sambil bermain dikarenakan diusia remaja yang cenderung mudah bosan, sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat memicu semangat siswa dan tidak membosankan. Taman Nasional Baluran memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Keanekaragaman ekosistem mulai dari hamparan savana yang luas, hutan evergreen, hutan musim, hutan mangrove, hutan pantai, terumbu karang, padang lamun, serta flora dan fauna yang terdapat pada Taman Nasional Baluran, menjadi salah satu alasan Taman Nasional Baluran sebagai salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi baik untuk keperluan wisata, penelitian, pendidikan, dan keperluan lainnya. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa media pembelajaran game edukasi berbasis Taman Nasional Baluran untuk kelas X SMA bertujuan untuk melakukan pengembangan dibidang pendidikan dimana didalamnya terdapat peran teknologi serta memberikan wawasan kepada siswa mengenai karakteristik setiap ekosistem yang ada di Taman Nasional Baluran agar siswa lebih semangat belajar dan lebih mencintai alam dan keragamannya. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang mengacu model 4D (four D model) oleh S. Thiagarajan (1974) yang dimodifikasi oleh peneliti. Tahap-tahap dalam pengembangan ini antara lain define, design, develop dan disseminate namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop dikarenakan peneliti ingin mengetahui hasil pengembangan serta validitas produk yang telah dikembangkan tersebut dan belum sampai disebarluaskan. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah kualiatif dan kuantitatif. Data kualitatif berasal dari studi literature, wawancara, dan analisis saran serta komentar hasil validasi. Data kuantitatif berasal dari analisis hasil validasi media yang telah diperoleh peneliti. Proses validasi dilakukan kepada empat ahli antara lain ahli lapang sebagai ahli ekosistem Taman Nasional baluran, kemudian ahli materi ekosistem, ahli media, dan pengguna yaitu guru. Setelah melakukan tahap validasi dan dilakukan revisi, produk akan diuji cobakan terbatas yaitu pada sembilan siswa di SMA negeri 4 Jember. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh masing-masing validator berikut merupakan hasil perolehannya. Hasil validasi ahli lapang memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli materi ekosistem memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media memperoleh persentase 86,25% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi pengguna memperoleh persentase 88,75% dengan kategori sangat valid. Perolehan hasil persentase uji coba terbatas sembilan siswa berdasarkan angket respon siswa memiliki rerata 92.25% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan data yang telah diperoleh peneliti tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Game Edukasi Ekosistem Taman Nasional Baluran termasuk dalam kategori sangat valid dan dapat dimanfaatkan serta digunakan sebagai bahan penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94166
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository