Show simple item record

dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.advisorSETIAWANI, Susi
dc.contributor.authorIMANI, Aliffa Fitri
dc.date.accessioned2019-11-12T01:36:05Z
dc.date.available2019-11-12T01:36:05Z
dc.date.issued2019-08-22
dc.identifier.nimNIM150210101068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94163
dc.description.abstractBerdasarkan hasil salah satu studi internasional yang mengukur prestasi matematika dan sains siswa, yaitu TIMSS (Trends in Mathematics and Science Study) oleh IEA (The International Association for the Evaluation of Educational Achievement), peserta dari Indonesia menjawab soal matematika dengan benar pada soal pemahaman lebih tinggi dibandingkan dengan soal penerapan dan penalaran. Dalam Taksonomi Bloom aspek pemahaman dan penerapan termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skill), sedangkan aspek penalaran termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill). Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia masih rendah karena siswa hanya menguasai aspek pemahaman konsep. Siswa harus terus dilatih untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan cara memberi soal yang memiliki banyak cara penyelesaian dan banyak jawaban benar (soal open-ended). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika tipe openended materi SPLDV yang valid dan reliabel serta mengukur level kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan hasil tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk berupa soal open-ended dengan materi SPLDV. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lamongan dengan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII B pada tanggal 15 Juni 2019 tahun ajaran 2018/2019 semester genap. Prosedur penelitian ada 4 tahap yaitu: (1) tahap preliminary; (2) tahap self evaluation; (3) tahap prototyping yang meliputi validasi, evaluasi dan revisi; dan (4) tahap field test. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode angket dan tes. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini meliputi analisis validitas soal, reliabilitas soal, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Pada awalnya, soal yang dibuat sebanyak 4 soal dengan waktu penyelesaian 70 menit. Setelah proses validasi pertama, karena beberapa faktor seperti kurangnya waktu dan lain-lain maka soal diubah menjadi hanya 2 soal dengan waktu penyelesaian 60 menit. Kemudian dilakukan proses validasi kembali, soal nomor 1 menurut validator tidak menunjukkan indikator analisis, sehingga harus diganti dengan soal yang berbeda serta dilakukan beberapa revisi pada soal nomor 2 agar lebih mudah dipahami serta waktu penyelesaian ditambahkan menjadi 70 menit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal open-ended yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Hal tersebut berdasarkan data hasil uji validitas dengan nilai 𝑉𝑎 = 2,89 dengan interpretasi valid. Reliabilitas soal yang digunakan pada penelitian ini adalah 0,807 dengan interpretasi sangat tinggi. Tingkat kesukaran soal nomor 1 adalah 0,33 dengan interpretasi sedang dan tingkat kesukaran soal nomor 2 adalah 0,31 dengan interpretasi sedang. Daya pembeda (DP) soal nomor 1 adalah 0,34 dengan interpretasi baik dan daya pembeda (DP) soal nomor 2 adalah 0,29 dengan interpretasi cukup baik. Berdasarkan data hasil uji coba di lapangan juga diketahui bahwa secara keseluruhan dari 30 siswa kelas VIII B MTs Negeri 1 Lamongan yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kategori sangat baik berjumlah 11 siswa, kategori baik berjumlah 6 siswa, kategori cukup berjumlah 6, kategori kurang berjumlah 7 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan guru lebih sering memberi latihan soal bertipe open-ended agar siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tingginya, refleksi diri bagi siswa untuk lebih sering mencoba latihan soal bertipe open-ended agar lebih memahami pentingnya proses menyelesaikan suatu permasalahan bukan hanya jawaban yang benar, serta bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan soal open-ended untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pokok bahasan yang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210101068;
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectOpen-Endeden_US
dc.subjectSpldven_US
dc.subjectKemampuan Berpikiren_US
dc.titlePengembangan Soal Matematika Tipe Open-Ended Materi Spldv Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII Smpen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record