dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar
yang dicapai siswa sebesar 69.56% pada aspek kognitif, 74,40% pada aspek afektif,
dan 72,94% pada aspek psikomotorik. Pada siklus II, persentase hasil belajar aspek
kognitif adalah sebesar 86,95%, pada aspek afektif 83,57% dan pada aspek
psikomotorik sebesar 83,09%. Hasil belajar siswa pada siklus II lebih meningkat dari
siklus I, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotor.
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA pada pokok bahasan
Pesawat Sederhana melalui pembelajaran Learning Games Menggunakan Gambar
Diam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Jember,
baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Saran dari penelitian ini
adalah guru dapat mangadopsi model Learning Games pada pokok bahasan yang
berbeda, mata pelajaran lain maupun jenjang pendidikan yang lain serta
memvariasikan dengan pembelajaran di luar kelas. Selain itu, kepala sekolah dapat
menggunakannya untuk pembinaan profesionalitas guru dalam proses pembelajaran
dan sebagai alternatif peningkatan kualitas mutu pendidikan. Sedangkan bagi peneliti
lain dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok
bahasan yang tentunya berbeda. | en_US |