Pengaruh Komunikasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Semangat Kerja Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember
Abstract
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember merupakan salah satu Kantor
Perwakilan dalam Negeri Bank Indonesia yang berada di Kabupaten Jember.
Sebagai bank sentral, BI mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan
memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua
aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan
terhadap mata uang negara lain. Untuk mencapai tujuan tersebut BI didukung oleh
tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah
menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga
kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di
Indonesia.
Penelitian ini mengunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang
di sebarkan kepada pegawai. Jumlah pegawai yang ada di Dinas Peternakan
Kabupaten Jombang sebanyak 74 orang. Dalam penelitian ini seluruh karyawan
dijadikan responden. Dengan demikian penelitian ini menggunakan metode
penelitian populasi (sensus).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial komunikasi dan
budaya organisasi terhadap memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja
karyawan melalui semangat kerja dengan arah positif. Variabel yang paling
dominan mempengaruhi kinerja karyawan melalui semangat kerja adalah variabel
budaya organisasi..