dc.description.abstract | Pariwisata merupakan sektor yang ikut berperan penting dalam usaha
peningkatan pendapatan. Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan
alam dan keanekaragaman budaya, sehingga perlu adanya peningkatan sektor
pariwisata. Hal ini dikarenakan pariwisata merupakan sektor yang dianggap
menguntungkan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu aset
yang digunakan sebagai sumber pendapatan besar bagi perekonomian di Indonesia
dan sekaligus sebagai penghasil devisa negara. sektor pariwisata saat ini diharapkan
dapat terus berkembang dengan baik dan optimal yang sudah seharusnya didukung
oleh berbagai faktor atau komponen pendukung yang secara langsung maupun tidak
langsung yang berkaitan dengan kepariwisataan. Adapun hal-hal yang berkaitan
dengan kepariwisataan diantaranya adalah kondisi objek wisata, fasilitas-fasilitas
sosial pendukung di objek wisata, kemudahan transportasi menuju ke tempat objek
wisata, kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan sektor pariwisata dan yang
terpenting adala tersedianya hotel sebagai sarana pendukung pariwisata.
Kontribusi industri perhotelan berdampak pada perkembangan pariwisata.
Salah satu tolak ukur keberhasilan suatu daerah dalam mempromosikan atau
mengudang wisatawan untuk datang ke daerah objek ke wisata tersebut. Suatu
daerah tujuan wisata tentunya akan dikunjungi oleh wisatawan dan tentu saja
wisatawan membutuhkan tempat menginap dan disinilah peran hotel sebagai tolak
ukur untuk mengetahui seberapa banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah
tersebut. Dalam usaha perhotelan, pemasaran merupakan salah satu fungsi yang
sangat penting. Hal ini dikarenakan sebagai bagian dari manajemen karena
meningkatkan nya persaingan usaha perhotelan akan mendorong berkembangnya
usaha pemasaran hotel.
Sales marketing adalah bagian dari hotel yang berperan dan bertanggung
jawab untuk menjual kamar maupun meeting package, menentukan harga jual
serta memasarkan produk hotel lainnya melalui brosur dan media lainnya termasuk bertanggung jawab mengikuti pasar wisata International dan sejenisnya dan
melakukan kegiatan sales call, telemarketing, courstey call, membuat BEO
(banquet event order. Adapun tanggung jawab dari seorang sales marketing yaitu
bertanggung jawab secara operasional dalam memenuhi target anggaran serta
mencapai target room night dan pendapatan di Quest Hotel Kuta, serta membuat
perencanaan kerja, mempresentasikan kinerja selama satu bulan kedepan untuk
seluruh sales marketing, membuat laporan bulanan kepada general manager, dan
melakukan market survey. | en_US |