• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Berbicara Dalam Mengungkapkan Isi Cerita Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama Siswa Kelas V Di Sdn Tegal Besar 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Pratiwi Ayu Tri Agustin - 110210204092.pdf (1.744Mb)
    Date
    2019-01-16
    Author
    AGUSTIN, Pratiwi Ayu Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama, pada pembelajaran kemampuan berbicara terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember. Hal ini dapat dibuktikan adanya persentase hasil belajar secara klasikal pada siklus II yaitu 89%, hanya ada 2 siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya secara perorangan. Penerapan metode sosiodrama juga dapat meningkatkan aktivitas siswa, hal ini terbukti ketika pembelajaran siswa merasa senang, semangat, aktif, dan mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa selama pembelajaran. dapat dilihat bahwa pada tahap siklus I setelah diterapkan metode sosiodrama terhadap pembelajaran kemampuan berbicara siswa kelas V terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa menjadi 63 dan siswa yang tuntas sebanyak 18 orang (51%). Pada siklus II setelah diterapkan metode sosiodrama terhadap kemampuan berbicara juga terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa menjadi 79 dan siswa yang tuntas 25 orang (75%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 tahun pelajaran 2014/2015 adalah metode sosiodram yang dilakukan pada siklus II yaitu dengan dilengkapi alat penunjang dalam drama yang membuat siswa senang dalam memerankan drama sehingga kemampuan berbicara siswa meningkat dan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 tahun pelajaran 2014/2015 setelah diterapkan metode sosiodrama mengalami peningkatan secara klasikal dan juga secara perorangan di SDN Tegal Besar 02. Pada siklus I diperoleh persentase secra klasikal sebesar 51%, siklus II mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bila penerapan metode sosiodrama diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Bagi guru, metode sosiodrama dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94079
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository